Hari Pertama P2DB di SMPN 3 Ricuh

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Kota Probolinggo mulai digelar, Senin (2/7/2018). Hari pertama ini, ratusan wali murid membludak rebutan daftar.

Salah satu antrian terlihat di SMPN 3 jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Sejak pukul 07.00 WIB, wali murid sudah menumpuk. Mereka berdesak-berdesakan bahkan sempat ricuh untuk mengambil blangko formulir pendaftaran.

Kepala Sekolah SMPN 3 Kota Probolinggo Sumantri mengatakan, jumlah pendaftar dalam penerimaan siswa baru 2018-2019 sangat melimpah karena sistem zonasi mulai berlaku tahun ini. Imbasnya, wali murid kwatir anak didik tak mendapat tempat untuk sekolah.

“Sampai saat ini di sekolah kami ada sekitar 200 orang lebih, itu semua karena sistem Zonasi. Membludaknya kemungkinan wali murid was-was anaknya tidak kebagian kuota Sekolah,” ujar Sumantri.

SMPN 3, lanjut Sumantri, akan menerima siswa didik baru sebanyak 224 siswa. Sementara hingga hari pertama, sudah terdapat 150 calon siswa baru yang sudah mendaftar. “Sekarang sudah 150-an calon peserta didik,” papar dia.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Budi Wahyu Wianto mengatakan, lonjakan wali murid saat hari pertama pendaftaran merupakan hal yang tak perlu. Sebab kata dia, pendaftaran masih berlangsung hingga 3 hari kedepan.

“Pasti kebagian, karena berapapun jumlah pendaftarnya yang menentukan diterima atau tidak, ya nilainya bukan siapa yang daftar duluan, jadi jangan khawatir,” kata Budi kepada wartawan.

Pihaknya menyampaikan, untuk antisipasi hal hal yang tak diinginkan, maka pelayanan P2DB dilakukan jam tambahan. Semula sampai jam 13.00, kini pelayanan sampai sore hari.

“Hal ini sesuai permintaan dari sekolah yang bersangkutan, agar jeda waktu daftar makin lama,” tutup Budi mengakhiri pembicaraan. (*)

Baca Juga  Dijatah 24 dari 1.231 Rekrutmen PPPK, Begini Respon Disabilitas

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Top! Santri MTs. Zainul Hasan Genggong Kembali Raih Bronze Medal Olimpiade di Thailand

Probolinggo,- Prestasi emas kembali ditorehkan oleh santri MTs. Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. …