Yukh, Populerkan Ikan Cupang Bersama Probolinggo Betta Community

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari ikan Arwana dan Louhan, ternyata tak membuat ikan Cupang kalah pamor.

Memiliki susunan warna kontras, bentuk tubuh dan sisik yang indah, serta goyangan ekor menawan. Tak heran, jika ikan Cupang banyak digemari banyak orang.

Seperti di kota Probolinggo ini, sebuah komunitas ‘Betta Community’ yang merupakan komunitas penggemar Ikan Cupang, tengah gencar mempopuler ikan hias tersebut melalui kontes Cupang, pada minggu (1/7/2018).

Setidaknya 72 ikan Cupang, diadu keindahannya dalam kontes yang digelar di sebuah cafe, berlokasi di jalan Brigjen Katamso, Mangunharjo, Mayangan Kota Probolinggo. Jenisnya ada beberapa macam, seperti Crowntail, Halfmoon, Plakat, Giant dan Baby.

Ikan Plakat, salah satu ikan yang dipamerkan dalam kontes.

Yohan Sugianto, panitia acara mengatakan, jika kontes ikan cupang kali ini, diikuti oleh 72 peserta baik dari Probolinggo, maupun luar kota.

“72 peserta ikut kontes dengan 2 juri bersertifikat nasional. Kontes ini rutin dilaksanakan dengan harapan meningkatkan peminat atau pecinta ikan cupang,” tukas Yohan.

Juri kontes, Syamsul Fajar mengungkapkan, untuk penilaian ikan Cupang dilihat dari beberapa kriteria. Diantaranya dilihat dari bentuk badan, aksi dalam kolam (mental ketika diadu, red), termasuk warna yang paling utama.

“Misal pada lomba adalah ikan cupang dasar warna merah untuk jenis plakat. Jika ada bercak warna lain maka dia termasuk gagal,” terang Fajar.

Panitia pun peserta berharap, pemerintah daerah memperhatikan komunitas pecinta ikan cupang ini. Sebab, saat ini komunitas PBC tengah menjalin komunikasi dengan Dinas Perikanan dan Kelautan, dengan harapan ada event lanjutan ikan cupang di Kota Probolinggo. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Sholeh

Editor : Achmad Kifly

Baca Juga  Olah TKP Laka, Polda Jatim Sebut Sopir Minibus Lalai

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …