Dampak Pandemi, Target PAD Pasar Terancam Gagal

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, mengajukan keringanan pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2020 kepada bupati setempat. Dasarnya, karena pasar tradisional belum dibuka penuh dan belum ada penarikan retribusi pasar.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan, pihaknya telah mengajukan keringanan PAD agar target bisa dikurangi. PAD yang diajukan oleh Disperindag sebesar Rp2,6 Miliar, sementara target awal senilai Rp3,9 Miliar.

Pengajuan keringanan PAD, menurut mantan Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo ini, karena selama 5 bulan terakhir tidak ada retribusi kepada pedagang. Dengan kondisi itu, ia pesimis PAD tahun ini mencapai target.

“Kami sudah mengajukan keringanan PAD, nilainya Rp2,6 miliar. Karena sejak pandemi virus korona, penarikan retribusi juga ditiadakan alias gratis,” kata Dwijoko, Sabtu (8/8/2020).

Selama 5 bulan meniadakan retribusi, imbuhnya, pihaknya kehilangan pendapatan sekitar Rp1,5 miliar. Padahal pada triwulan pertama tahun 2020, Disperindag mampu mengumpulkan dana retribusi sebesar Rp1,61 miliar.

“Apalagi target PAD tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yaitu, Rp3,6 miliar. Tahun ini kami pesimis target PAD bisa tercapai, kondisi pandemi tidak memungkinkan untuk dilakukan penarikan retribusi pasar,” terang Dwijoko.

Bahkan sekalipun sejak bulan ini (Agustus) kembali dilakukan penarikan retribusi, menurut Dwijoko, pihaknya masih akan kesulitan memenuhi target PAD.

“Sudah kami ajukan, semoga saja bisa. Memang sejak pandemi Covid-19 melanda Kabupaten Probolinggo, semua turut terdampak, tak terkecuali sektor perekenomian,” ungkapnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Terpapar Covid-19, Anggota DPRD Kota Probolinggo Berpulang

Baca Juga

Aturan Baru, Makam Warga Tionghoa di Kota Probolinggo Bakal Dilengkapi Biopori

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo mengundang perwakilan etnis Tionghoa Kota Probolinggo untuk membahas konsep pemakaman yang …