PAJARAKAN-PANTURA7.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo melantik dan mengambil sumpah janji jabatan anggota baru dari Partai Gerindra. Ia adalah Syamsul Arifin, di ruang paripurna, Gedung DPRD setempat Kamis (30/7/2020).

Ia dilantik melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) setelah anggota sebelumnya, Abdul Kadir, diberhentikan akibat terjerat kasus ijazah palsu. Dalam vonis di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan, Kadir dinyatakan bersalah.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo Jon Junaedi mengatakan, tahapan prosedur proses PAW sudah dilakukan sesuai dengan undang-undang. Sehingga anggota dewan pengganti bisa memperoleh surat keputusan (SK) dari Gubernur Jawa Timur.

“Sesuai dengan prosedur undang-undang, suara kedua terbanyak penggantinya. Jadi DPP tidak serta-merta keluar dari aturan sehingga terjadi gejolak, intinya PAW ini sudah sesuai dengan prosedur,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo ini.

Terkait status Abdul Kadir, menurut Jon, DPP Partai Gerindra sudah mengeluarkan surat pemecatan terhadap politisi asal Kecamatan Besuk itu. “(Kadir) sudah bukan kader partai (Gerindra) lagi,” tegasnya.

Terpisah, Syamsul Arifin seusai dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo berjanji, akan berjuang demi masyarakat Kabupaten Probolinggo, khusunya konstituennya di Daerah Pemilihan II, meliputi Kecamatan Kraksaan, Besuk, Gading.

“Kami diberi amanah ini oleh Allah, kami akan betul-betul menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab saya sebagai.anggota dewan,” tutur politisi yang tercatat sebagai warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan ini.

Sekedar informasi, pada Pemilu Legislatif periode 2019-2024, Abdul Kadir menjadi anggota terpilih yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo setelah ia memperoleh 6.964 suara.

Sementara Syamsul Arifin di peringkat kedua, hanya meraup 4.219 suara. Setelah Abdul Kadir dipecat, Arifin pun naik pangkat menggantikan Abdul Kadir sebagai anggota dewan. (*)

Baca Juga  Tak Lolos Verifikasi, Partai Ini Gugat KPU


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT