Ratusan Personel Mulai Dilatih Hadapi Pilkades 2020

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Jelang pemilihan kepala desa (Pilkades) yang rencananya akan digelar tahun ini, ratusan personel Polres Probolinggo menjalani latihan Kompi Dalmas atau pengamanan mengahadapi massa yang berunjuk rasa, Senin (6/7/2020).

Danki Dalmas Polres Probolinggo Iptu Maskur Anshori mengatakan, latihan tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan Polres Probolinggo menghadapi gangguan keamanan saat pilkades. Dalam pilkades nanti, sedikitnya 130 personel akan diterjunkan.

“Ini untuk kesiapan pilkades, tapi misalkan pilkades ditunda tahun depan, ya nggak masalah. Yang penting kami tetap latihan sebagai bentuk kesiapsiagaan,” terang Maskur.

Latihan kompi Dalmas Kerangka kali ini, lanjut Maskur, untuk mematangkan gerakan yang dilakukan secara bersama-sama. Sehingga, papar dia, strategi penahanan masa dengan jumlah besar bisa dikondisikan.

Namun ia menegaskan, gerakan itu dilakukan hanya sebagai respon kesigapan terhadap gerakan massa yang dinilai sudah melakukan tindakan melawan hukum, bahkan sudah mengancam keselamatan petugas.

“Seperti curas, pengerusakan, pembakaran, intimidasi maupun gerakan melawan hukum lainnya. Biasanya itu dilakukan oleh kelompok yang merasa tidak puas dengan hasil pemungutan suara, atau dari kolompok yang kalah dan tidak terima dengan hasil perolehan suara,” tutur dia.

Meski demikian, ia berharap kondisi di Kabupaten Probolinggo tetap kondusif dan tertib. Sehingga langkah taktis dan pengamanan ektra tidak perlu dilakukan oleh aparat, khususnya pihak kepolisian.

“Ini sebagai bentuk antisipasi saja, kami juga fokus pada daerah yang rawan terjadi konflik. Para personel akan diterjunkan pada titik-titik tersebut serta kawasan vital yang disinyalir bisa menjadi sasaran pihak tertentu,” simpul Maskur. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Mudik Lebaran 2022, Jalur Pantura Kraksaan Macet

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …