Banyak Kampung Tangguh, Jumlah Pasien Terinfeksi Covid-19 Tetap Melonjak

KANIGARAN-PANTURA7.com, Jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kota Probolinggo, meningkat pesat. Hari ini, Senin (6/7/2020), tercatat ada 31 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Wakil Wali Kota Probolinggo, M. Soufis Subri melalui video conference menyebut, 31 pasien baru itu merupakan akumulasi dari hasil test swab sejak 24 Juni 2020. Sebelum dinyatakan positif, merek reaktif saat menjalani rapid test.

“Ada Nakes (dari RSUD dr Moh. Saleh) 8 orang, Nakes Puskesmas Ketapang 3 orang, OTG PT. KTI 3 orang, OTG Umum 11 orang dan pelaku perjalanan 1 orang. Total adalah 31 orang,” terang Subri.

Lonjakan pasien Covid-19 ini membuat Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo kewalahan. Sebab, menurut Subri, ruang perawatan yang disediakan di RSUD dr. Mohamad Saleh sudah tidak mampu menampung pasien.

Akhirnya, imbuh Wakil Wali Kota, belasan pasien positif Covid-19 dirawat di Safe House (Rumah Aman, red) dengan pengawasan ketat Tim Satgas Penanganan Covid-19.

“Kita punya 40 kamar untuk merawat pasien Covid-19. Yang dirawat sebanyak 54 orang dan sebanyak 14 orang kita amankan di Safe House dengan diawasi oleh dokter secara ketat,” Ia menjelaskan.

Dengan tambahan 31 orang ini, maka jumlah total pasien positif Covid-19 di Kota Probolinggo sebanyak 103 orang. Rinciannya, 51 orang dirawat di RSUD dr. Mohamad Saleh; 3 orang dirawat di Surabaya; 46 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia.

Lonjakan pasien Covid-19 ini juga menimbulkan ironi. Sebab pemerintah kota melalui Satgas Penanganan Covid-19 sudah melakukan berbagai upaya guna menekan virus asal Tiongkok tersebut.

Salah satunya, dengan membentuk kampung tangguh semeru (KTS) yang jumlahnya mencapai 30 titik di 29 kelurahan. Selain itu, sosialisasi penerapan protokol kesehatan juga getol dilakukan. (*)

Baca Juga  Tiga Korban Laka Maut Pajarakan Dirujuk ke Jember

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …