Masyarakat Diingatkan Waspada Hepatitis Akut Tanpa Penyebab

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meningkatkan kewaspadaan munculnya hepatitis akut yang tidak diketahui etiologisnya. Hal ini dilakukan setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan secara resmi kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Dinas Kesehatan (Dinkes) mengingatkan, beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti sebagai upaya kewaspadaan dan antisipasi dengan memantau penemuan kasus sesuai definisi operasional hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya.

Epidemiolog Ahli Muda Dinkes Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, jika puskesmas se-Kabupaten Probolinggo diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dini supaya tidak terjadi KLB dengan terus memantau kasus tersebut.

Dokter Viro menambahkan, pemantauan bisa melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR). Sedangkan gejalanya, ditandai dengan kulit dan sklera berwarna ikterik atau kuning dan urin berwarna gelap yang timbul secara mendadak.

“Puskesmas harus melaksanakan penyelidikan epidemiologi untuk setiap kasus yang dilaporkan, terus menginformasi, edukasi kepada masyarakat serta upaya pencegahannya melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” kata dr. Viro, Minggu (8/5/2022).

Perempuan asal Balikpapan, Kaltim ini juga meminta untuk meningkatkan pengawasan terhadap penumpang dan kru, alat angkut, barang bawaan, vektor dan lingkungan pelabuhan dan lainnya. Terutama mereka yang berasal dari negara terjangkit saat ini dan meningkatkan promosi kesehatan.

Di samping itu, lanjut dr. Viro, rumah sakit diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya melalui pengamatan semua kasus sindrom jaundice akut yang tidak jelas penyebabnya dan ditangani sesuai tata laksana serta dilakukan pemeriksaan laboratorium.

“Serta, melakukan hospital record review terhadap kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya atau penyebabnya sejak 1 Januari 2022, lalu,” ungkap perempuan yang juga selaku Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo ini.

Baca Juga  Mengenal Nanang Fadlil, Pemuda Penggerak Desa di Kab. Probolinggo

Seperti diketahui, dinukil dari Hellosehat.com, hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya ini sejatinya sama seperti hepatitis pada umumnya. Yakni, hepatitis akut adalah liver yang mengalami radang atau inflamasi.

Hanya saja, penyakit ini terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat. Kondisi ini paling umum disebabkan oleh infeksi virus. Meski demikian, ada beberapa kemungkinan penyebab hepatitis lainnya seperti, infeksi bakteri, kerusakan liver, dan cedera pada bagian liver. (*) 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …