PAJARAKAN-PANTURA7.com, Tim Saber Pungli Polres Probolinggo meringkus seorang aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diduga melakukan pemerasan terhadap Kepala Desa (Kades) Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Senin (29/6/2020).

Informasi yang dihimpun, pelaku terjaring operasi tangkap tangan (OTT) petugas, sekitar pukul 13.00 WIB di rumah korban. Pelaku yang berinisial AW (42) merupakan warga Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Kabar penangkapan oknum LSM ini dibenarkan oleh Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Rizki Santoso. “Masih dalam pemeriksaan penyidik,” ujar Rizki saat dikonfirmasi.

Disinyalir, pelaku meminta uang senilai sekitar Rp5 juta kepada Kades Karanggeger, Bawon Santoso. Jika tidak dipenuhi, pelaku mengancam akan melaporkan korban kepada pihak yang berwajib.

Dasar ancaman pelaku adalah penggunaan anggaran dana desa (DD) oleh sang Kades, yang dinilainya tidak tepat. Selain mencokok pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti (BB).

Adapun BB yang kabarnya diamankan petugas di lokasi kejadian, diantaranya uang tunai Rp3 juta, 1 unit handphone (HP) android dan sebuah amplop coklat. Usai tertangkap, pelaku dibawa ke Polres Probolinggo. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Tujuh Tersangka Pembunuhan Remaja Berjersey Persebaya Diringkus, Ini Motifnya