Sampah Penuhi Sungai di Blok Tajungan Mayangan

MAYANGAN-PANTURA7.com, Kesadaran sebagian masyarakat di Kota Probolinggo untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Terbukti, terlihat banyak onggokan sampah berserakan di sungai di Blok Tajungan di sebelah timur Terminal Kargo, Mayangan.

Sampah berupa plastik banyak terlihat memenuhi kawasan muara Kali Banger itu. Diduga onggokan sampah itu berasal dari permukiman setempat, juga dari dari daerah “atas” (kawasan selatan).

Sejumlah warga yang melintasi sungai yang dipenuhi sampah itu tampak mengeluh. Selain kotor, timbunan sampah menimbulkan bau tidak sedap.

“Jika sampah itu berdekatan dengan tempat berjualan, maka banyak lalat yang hinggap pada makanan yang dijual tersebut, sehingga akan membuat orang yang membeli makanan tersebut mengalami sakit perut,” kata Hari, Sabtu (27/6/2020).

Warga Kecamatan Dringu yang sedang melintas itu khawatir jika musim penghujan, timbunan sampah di badan sungai itu memicu banjir.

Sementara Kepala DLH Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa mengatakan, sebagai masyarakat seharusnya lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya. “Termasuk di antaranya tidak membuang sampah sembarang ke badan sungai,” katanya.

Yang terjadi selama ini, kata Deta, panggilan akrab Rachmadeta Antariksa, warga yang suka membuang sampah di sungai, tidak ikut aksi bersih-bersih sungai. Akibatnya, timbunan sampah selalu muncul di badan sungai tanpa ada habisnya.

Bahkan Deta menyayangkan, masih ada warga yang membuang perabotan rumah tangga yang rusak ke badan sungai. Badan sungai dengan cepat tersumbat. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Hiu Tutul Kembali Muncul di Probolinggo

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …