Ditutup 2 Bulan, Pasar Hewan Wonoasih Segera Dibuka

WONOASIH-PANTURA7.com, Pasar Hewan Wonoasih di Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo segera dibuka kembali setelah sekitar dua bulan ditutup. Penutupan pasar hewan dipicu tidak patuhnya sebagian besar pedagang dan pembeli terhadap protokol kesehatan terkait Covid-19.

Pembukaan kembali Pasar Hewan Wonoasih diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan), Sudiman, Jumat (26/6/2020.

“Jika dibuka kembali, kami akan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat apalagi menyongsong new normal,” katanya.

Dimulai dari pintu masuk dan pintu keluar, pengunjung diwajibkan menjalani pengecekan suhu tubuh. Sebelun itu, mereka juga diwajibkan mencuci tangan dengan sabun.

”Jika ada pengunjung memiliki suhu tubuh tinggi, maka akan diarahkan ke Puskesmas terdekat. Ini untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan,” kata Sudiman.

Dalam aktivitas harian pasar, pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker. Peternak, pengusaha lokal dan pengusaha luar juga demikian. Penerapan jaga jarak saat bertransaksi pun akan diatur.

”Kesiapan untuk pembukaan pasar juga akan diawali dengan penyemprotan disinfektan di sekitar pasar hewan,” tandasnya.

Pembukaan Pasar Hewan Wonoasih, kata Sudiman, untuk menggairahkan kembali perekonomian masyarakat. “Tujuannya ekonomi masyarakat bisa bangkit kembali, apalagi mendekati Hari Raya Qurban, banyak warga membutuhkan hewan ternak,” katanya.

Sementara itu Camat Wonoasih, Deus Nawandi berharap, pedagang dan pembeli di Pasar Hewan Wonoasih bisa tertib dan patuh terhadap protokol kesehatan. “Kami perketat untuk menghindari segala kemungkinan terburuk,” katanya.

Selain itu, pihaknya bersama muspika akan memasang spanduk atau banner yang dipasang di sekitar pasar sebagai imbauan “ Penerapan protokol kesehatan tetap kami lakukan. Pengunjung yang masuk pasar wajib pakai masker,” ujar Deus.

Sementara itu pemilik lahan parkir, H Warto (58) mengaku, bersyukur jika Pasar Hewan Wonoasih dibuka kembali. “Lumayan buat tambahan penghasilan, apalagi sudah tiga bulan ini kami tidak ada pemasukan,” katanya. (*)

Baca Juga  5.000 Warga Terima Bantuan JPS


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …