H-4 Lebaran, 20 Ribu Kendaraan Serbu Tol Paspro

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Empat hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, arus kendaraan di Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) mulai meningkat. Bahkan lonjakan kendaraan sudah mencapai 50 persen dibandingkan hari-hari biasanya.

Pantauan PANTURA7.com, lonjakan kendaraan pemudik terlihat di Gerbang Tol (GT) Probolinggo Timur, Leces, Kabupaten Probolinggo. Dari plat kendaraan, rata-rata pemudik berasal dari luar kota.

Manager Operasional Tol Paspro Sukirman menuturkan, pada hari biasa hanya ada 13.500-14.000 kendaraan yang melintasi di Tol Paspro perhari. Saat ini, volume kendaraan meningkat menjadi 19.500-20.000 kendaraan per hari.

“Dalam dua hari ini Tol Paspro mengalami peningkatan jumlah kendaraan, hingga sekitar 50 persen dibandingkan hari biasanya. Kami prediksi, puncak arus mudik terjadi hari ini dan Minggu besok,” terang Sukirman, Sabtu (1/6/2019).

Untuk antisipasi kemacetan selama musim mudik, pihaknya kata Sukirman, menyediakan 5 mobil Reader yang akan pengurai tumpukan kendaraan. “Jika ada kemacetan, mobil reader akan datang sehingga kemacetan bisa terurai cepat,” paparnya.

Selain itu, lanjut Sukirman, PT Jasa Marga Tol Pasrpo menyediakan rest area dengan berbagai fasilitas bagi pengguna Tol Paspro. Rest area itu terletak di KM 833,200 Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

“Apabila pemudik kelelahan, maka silahkan beristihat di rest area yang sudah kami sediakan.  Ada fasilitas berupa toilet, mushola, pom bensin mini, toko waralaba dan warung,” himbau dia.

Terpisah, Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi mengatakan, lonjakan arus mudik di Tol Pasrpo menjadi salah satu atensinya. Oleh karenanya, ia menyiagakan petugas untuk berjaga-jaga di exit tol Leces.

“Situasi arus lalu lintas di pintu exit tol Leces Probolinggo siang ini masih terpantau normal lancar, walapun ada peningkatan volume kendaraan dari hari kemarin,” ungkap Ega. (*)

Baca Juga  Tolak UU Ciptaker, ‘Adem Ayem’ di Kota Probolinggo

 

 

Penulis : Mohamad Rcohim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

Probolinggo,- PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga keandalan listrik selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah. …