Probolinggo Jadi Kantong TKI, Pengiriman Wesel Melonjak

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mendekati lebaran, pengiriman wesel dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) diluar negeri melalui kantor pos meningkat pesat. Selain wesel, pengiriman wesel instan dan paket logistik juga melonjak.

Hal itu diketahui dari data transaksi di Kantor Pos Probolinggo, jalan Suroyo, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Sejak awal ramadan hingga Sabtu (1/6/2019), sekitar 1.000 transaksi terjadi.

“Pengiriman uang meningkat, terutama yang western union bayar. Karena Probolinggo merupakan salah satu gudang TKI di daerah Timur Tengah dan Asia Timur.,” kata  Supervisor Pemasaran Kantor Pos Probolinggo, Desna Eka Saputra.

Karyawan sedang packing paket kiriman di dalam gudang. (Foto : Moh. Rochim)

Lonjakan pengiriman wesel atau Surat pos untuk mengiriman uang, imbuh Desna, sekitar 15 hingga 25 persen dibandingkan bulan-bulan selain ramadan. “Perkiraan kami, transaksi akan terus meningkat hingga sehari menjelang lebaran nanti,” Desna menjelaskan.

Tak hanya wesel luar negeri, wesel instan atau pengiriman uang cepat dalam negeri dan paket logistik juga meningkat. Ragam pengirimannya pun beraragam, dari pos biasa, ekpress next day, paket kilat khusus, surat kilat khusus hingga paket jumbo ekonomi.

“Memang distribusi kiriman paket mengalami peningkatan antara 25 hingga 35 persen, baik itu jumlah dalam bentuk barang atau uang,” jelas Desna.

Kantor Pos Probolinggo, menurut Desna, memiliki 5 kantor cabang di wilayah Kota Probolinggo dan 24  kantor cabang di wilayah Kabupaten Probolinggo.

“Semuanya mengalami peningkatan pengiriman mendekati lebaran,” pungkasnya. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rcohim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Senangnya Korban Curanmor, Motor Kembali Secara Gratis

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …