KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), berencana membuka kembali pasar hewan, yang sebelumnya ditutup akibat pandemi Covid-19. Rencana tersebut menguap seiring banyaknya usulan dari pedagang.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi mengatakan, rencana pembukaan pasar hewan itu akan segera dikoordinasikan dengan tim preventif dan akuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Insyaallah besok akan digelar rakor untuk membuka pasar hewan. Pasar hewan dan pasar tradisional itu jauh berbeda tingkat kepatuhannya (sehingga pasar hewan direncanakan dibuka),” kata Dwijoko, Selasa (23/6/2020).

Dalam rakor yang rencananya akan digelar Rabu (24/6/2020), lanjut Dwijoko, pihaknya bersama Tim Satgas akan mengkaji baik buruknya jika pasar hewan kembali dibuka. Jika sepakat, maka pasar hewan akan dibuka meski hari operasionalnya berbeda-beda.

“Setelah dibuka, maka penerapan protokol kesehatan akan disamakan dengan penerapan di pasar tradisional yang susah diberlakukan. Baik itu aturan maupun sanksinya, kami juga siapkan sistem pengamanan,” terang dia.

Hal lain yang akan dibahas dalam rakor tersebut, sambungnya, soal fenomna maraknya pedagang hewan yang memilih berjualan di tempat terbuka selama pasar hewan ditutup. Menurutnya, lebih baik pedagang berjualan di pasar tapi tetap terkontrol oleh pemerintah.

“Selama pasar hewan ditutup kami mendapat informasi kalau sering ada penjualan hewan di area terbuka. Hal ini juga menjadi perhatian kami selama pasar hewan ditutup. Sementara untuk retribusi, masih belum kami pikirkan,” ujar mantan Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo ini.

Sekedar informasi, pasar hewan di Kabupaten Probolinggo ditutup sejak Rabu (8/4/20202) lalu. Penutupan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo lantaran tak sedikit pedagang hewan yang berasal dari zona merah seperti, Surabaya, Sidoarjo dan Lumajang. (*)

Baca Juga  Virus Corona Meresahkan, Ini Kata Wali Kota


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT