Dikeluhkan Baunya, Komisi III DPRD Sidak Pabrik Oli

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mendapat laporan adanya bau menyengat dan menimbulkan debu, Komisi III DPRD Kota Probolinggo meninjau pabrik oli di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Senin (8/10/2018). Ketua Komisi III DPRD, Agus Riyanto memastikan, tidak ada bau menyengat dan debu di pabrik penyulingan oli bekas PT Berdikari Jaya Bersama (BJB) itu.

Sebelumnya muncul keluhan dari pihak PT Sumbertaman Keramika Industri (SKI) yang “bertetangga” dengan pabrik pengolahan oli itu. Manager HRD PT SKI, Supriyanto saat rapat dengar pendapat (RDO) dengan Komisi III DPRD, beberapa hari lalu, mengeluhkan, adanya bau menyengat dan debu yang diduga berasal dari PT BJB. “Terkait adanya bau menyengat dan debu itu mohon perhatian dari Komisi III DPRD karena menganggu kami,” ujarnya.

Agus Riyanto pun menjanjikan akan mengecek keluhan dari managemen PT SKI itu. Saat turun ke lokasi pabrik di Jalan Lumajang, Komisi III menyisir beberapa ruangan saat proses pengolahan oli bekas berlangsung.

“Kita cek pembuangan limbahnya, pengisian limbah cairnya termasuk mobil tangki untuk menampung. Ternyata tidak ada bau menyengat,” ujar Agus. Kendati tidak ditemukan adanya bau menyengat, politisi PDI Perjuangan itu meminta managemen PT BJB memperhatikan proses produksi dengan baik.

“Kami pantau termasuk kepada Dinas Lingkungan Hidup agar tetap memantaunya,” ujar Agus.

Manajer PT BJB, Minkiet mengaku, telah berusaha semaksimal mungkin agar pengolahan pabrik oli itu tak menimbulkan bau. “Kendati tidak terbukti bau, kami akan selalu berniat positif dan berupaya agar pengolahan pabrik oli ini tidak mengganggu masyarakat,” tandasnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Berdiri di Atas Drainase, Warung di Depan Gelora Merdeka Kraksaan Dibongkar

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …