Jelang Idul Fitri Pusat Perbelanjaan Diserbu Pembeli

MAYANGAN-PANTURA7.com. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Probolinggo diserbu warga. Dari pantauan, beberapa pusat perbelanjaan mulai dipadati warga seperti GM,KDS dan Sinar Terang.

Pembeli mengular mulai pintu masuk, juga di tempat pembayaran (kasir) di sejumalah swalayan tersebut. Salah satu warga saat berbelanja, Firman (27 ) mengatakan, dirinya dan keluarga memilih untuk lebih dahulu mempersiapkan kebutuhan hari raya idul fitri, dengan cara berbelanja dari jauh-jauh hari sebelum lebaran.

“Ini sudah menjadi kebiasaan keluarga kami dari dulu, jauh-jauh hari kami sudah belanja segala kebutuhan untuk lebaran, seperti baju, celana, kue dan beberapa kebutuhan lainnya,” ucap Firman, Selasa (12/5/2020).

Firman menambahkan, dengan berbelanja jauh hari sebelum lebaran, segala sesuatu yang dibutuhkan akan lebih mudah dicari, ketimbang berbelanja diwaktu mepet, misalkan 2 atau 3 hari sebelum lebaran.

“Kita sejak jauh hari berbelanja, barang-barang yang kita butuhkan masih banyak pilihannya, terus gak berdesak-desakan ketika ingin memilih barang yang kita beli, jadi agak lebih santailah,” pungkasnya.

Petugas gabungan yang terdiri dari Kodim 0820/Probolinggo, Yon Zipur, Polresta, Denpom, Satpol PP dan Dishub itu mengimbau masyarakat yang sedang berbelanja agar langsung pulang ke rumah usai berbelanja, tidak nongkrong. Aksi tersebut bagian dari upaya memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di tempat-tempat yang kerap didatangi banyak orang.

Kepala Dinas Satpol PP, Linmas dan Damkar, Agus Efendi melalui Kasi Ops,Hendra Kusuma mengatakan, berbagai upaya dilakukan oleh aparat gabungan untuk menekan penyebaran Covid-19. Pihaknya bersama tim gabungan memantau dan memberikan imbauan kepada masyarakat yang berada atau berkumpul, utamanya di toko modern.

‘’Petugas mengimbau warga yang berbelanja dan kepada pemilik toko modern agar tetap memakai masker juga upaya menghindari kerumunan. “Saat kami datangi, masyarakat paham semua. Jadi setelah berbelanja, mereka langsung pulang dan tidak berkumpul,” tutur Hendra.

Baca Juga  Akibat Puting Beliung, 1200 Rumah Gelap Gulita

“Kami mendatangi semua pusat perbelanjaan seperti KDS,GM juga Sinar Terang dan memberikan imbauan kepada warga yang mau berbelanja agar tetap pakai masker,cuci tangan sebelum masuk swalayan,” ucapnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …