Disperindag Bakal Tata Ulang Pasar Buah Semampir

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Penertiban pedagang buah di sepanjang jalan PB. Sudirman, Kota Kraksaan, Kabupaten tuai polemik. Meski pedagang diarahkan untuk menempati Pasar Buah Semampir, namun banyak pedagang yang justru menolak relokasi tersebut.

Penolakan terjadi karena tak semua pedagang mempunyai bedak di Pasar Buah Semampir. Selain itu, omset penjualan dipinggiran jalan jauh lebih banyak dibandingkan jika pedagang berjualan secara terpusat.

Seperti yang ditutukan Mohamad Husen (24) salah satu pedagang. Menurtutnya ruas jalan PB Sudirman, merupakan lokasi strategis untuk berjualan buah. Sebab kawasan itu berada tepat di pinggir jalan, menjadi perhatian warga dan juga gratis tempat.

“Apalagi jika musim panen buah, lebih menguntungkan jualan di pinggir jalan. Kami juga bisa jual lebih murah jika pembeli ramai, kalau di Pasar Buah Semampir kan ada biaya untuk bedaknya,” ucap pria asal Jember ini.

Atas hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo berjanji akan segara melakukan pendataan jumlah pedagang yang berjalan di ruas jalan PB Sudirman. Selain itu, pendataan juga akan dilakukan di Pasar Buah Semampir.

“Nanti kami kumpulkan dan akan kami data para pedagang, agar kami mengetahui pedagang yang masih belum mempunyai lapak untuk berjualan,” papar Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo, Deny Kartika, Jum’at (9/11/2018).

Selain itu, Deny menambahkan, pihaknya juga akan mencopot beberapa lapak yang berada di Pasar Buah Semampir, namun tidak dimaksimalkan oleh pemiliknya.”Nanti akan kami tata ulang, agar para pedagang yang berjualan di pingggiran jalan, tertampung di pasar buah,” tutupnya.

Diberitakan, Rabu (7/11/2018) pedagang buah sepanjang ruas jalan raya PB Sudirman, Kota Kraksaan ditertibkan oleh Satpol PP, karena dianggap mengganggu ketertiban umum. Mereka diarahkan pindah ke Pasar Buah Semampir, namun tindakan ini menuai protes dari pedagang. (*)

Baca Juga  Mau Daftar PPPK? Ini Berkas yang Harus Disiapkan Agar Lolos Seleksi Administrasi

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …