Pasien Enggan Isolasi, Penderita Covid-19 di Probolinggo Kini Jadi 15 Orang

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Warga Kabupaten Probolinggo yang terjangkit Covid-19 terus bertambah. Kini, total jumlah warga yang terjangkit virus corona sudah mencapai 15 orang.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 terbaru pada Jum’at (16/4/2020) malam, menyatakan ada 15 warga sudah positif terjangkit virus corona. Jumlah ini bertambah 4 orang, dibandingkan sehari sebelumnya yang hanya sejumlah 11 orang.

Empat orang pasien baru itu berasal dari dua desa, yaitu dari Desa Bayeman Kecamatan Tongas sebanyak 3 orang, dan 1 orang lainnya berasal dari Desa Jabung Sisir, Kecamatan Paiton.

Dengan demikian, maka di Desa Bayeman saja, total ada 4 orang yang terinfeksi virus corona. Sementara di Desa Jabung Sisir, total jumlah penderitanya mencapai 8 orang. Terbanyak dibandingkan kawasan lainnya.

Selain data warga Kabupaten Probolinggo positif Covid-19 bertambah, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga membengkak menjadi 19 orang, padahal sebelumnya 17 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga ikut bertambah, yakni 322 orang dari sebelumnya 317 orang.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19, Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan, pihaknya sangat prihatin dengan kian bertambahnya jumlah warga positif Covid-19 ini. Ia menyebut, pangkal penularannya lantaran pelatihan bimbingan haji, yang mereka ikuti sebelumnya.

“Pelatihan (Haji, red) itu merupakan sumber masalahnya. Kami sempat mengantisipasi dengan melakukan rapid test yang awalnya negatif, lalu kami minta yang bersangkutan untuk isolasi mandiri,” kata dr. Anang.

Ternyata, lanjut dr. Anang, anjuran untuk melakukan Isolasi mandiri tidak dilakukan dengan baik dan mereka memilih untuk beraktivitas dan berkomunikasi dengan keluarga terdekat. Alhasil, anggota keluarganya juga tertular.

“Padahal isolasi mandiri itu perlu dilakukan dengan maksimal. Kemungkinannya, karena mereka merasa sehat dan tanpa gejala. Selanjutnya, kami akan lakukan rapid test dan swab orang-orang yang sudah pernah kontak dengan pasien positif ini,” jelas dr. Anang. (*)

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 di Kota Pasuruan Dimulai, Masyarakat Diminta Mengikuti


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …