Jurnalis Sumbang APD ‘Face Shield’ ke Puskesmas Wonoasih

WONOASIH-PANTURA7.com. Kepedulian ditunjukkan sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Peduli Kemanusian (JPK) Kota Probolinggo di tengah pandemi Covid-19.

Mereka menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa Face Shield bagi tenaga medis di Puskesmas Wonoasih, Kota Probolinggo, Senin (13/4/2020).

“Untuk tahap pertama kami menyalurkan APD di Puskesmas Wonoasih,” ujar Gogon, salah satu wartawan.

Kali ini sebanyak 40 buah Face Shield yang disumbangkan. Rencananya APD serupa akan didistribusikan ke sejumlah puskesmas lain di Kota Probolinggo.

Ketersediaan APD tersebut, kata Gogon, tidak lepas dari dukungan dan kontribusi warga masyarakat yang ada di Kecamatan Wonoasih.

Disinggung alasan memilih mendistribusikan ke Ouskesmas, Gogon menuturkan, dari pengamatan lapangan, tenaga medis di lapangan sangat minim peralatan. Padahal akses pertama masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan pada tingkat fasilitas pertama yaitu Puskesmas.

“Ini bentuk kepedulian kepada tenaga medis yang bekerja di Puskesmas. Mereka tidak dilengkapi pelindung diri saat memeriksa pasien. Sisi lain telah banyak orang terpapar virus ini hingga masyarakat di lapis tingkat bawah.

Plt Kepala Puskesmas Wonoasih, dr. Elisa seusai menerima bantuan memberikan apresiasi kepada para jurnalis. Ia mengapresiasi kepedulian jurnalis kepada tenaga medis di Puskesmas.

“Ini sangat membantu sekali. Pemberian ini sangat membanggakan, mengingat memang kami saat ini terutama para tenaga kesehatan sangat membutuhkan APD berupa Face Shield dan peralatan lainnya,” tuturnya kepada awak media.

Dokter Elisa menilai, bantuan ini sangat membantu tenaga medis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  Dapat Intimidasi saat Meliput Kebakaran GM Plaza, Jurnalis Trans Media Lumajang Lapor Polisi

Baca Juga

Jelang Keberangkatan, 205 CJH Kota Probolinggo Jalani Pembinaan Kesehatan

Probolinggo,- Sebanyak 205 calon jemaah haji (CJH) asal Kota Probolinggo, Sabtu pagi (20/4/24), mendapat pembinaan …