Air PDAM ‘Ngadat’, Wali Kota Hadi; Perbaikannya Tidak Mudah

TEGALSIWALAN-PANTURA7.com, Sejak 3 hari terakhir, pelanggan PDAM di Kota Probolinggo alami krisis air. Hal ini terjadi karena ada perbaikan saluran PDAM sehingga air ke rumah – rumah penduduk dihentikan.

Menyikapi hal itu, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, meninjau titik kerusakan pipa PDAM, yang berada di Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Senin (10/2/2020). Lokasi ini menjadi penyalur utama air PDAM ke Kota Probolinggo.

Dari lokasi perbaikan pipa PDAM, diketahui penyebab kerusakan pipa sisa zaman Belanda itu, akibat struktur tanah berlumpur dan semakin turun. Akibatnya pipa penyalur ikut terdampak.

“Keluhan masyarakat begitu masif, karena air memang kebutuhan kita. Tapi saya lihat sendiri perbaikannya tidak mudah,” terang Wali Kota Hadi.

Pipa berdiameter 18 inchi itu, menyalurkan 130 liter air per detik yang menyebabkan tekanan begitu besar. Tekanan saat musim hujan kian kuat seiring dengan semakin meningkatnya volume air.

“Tapi tolong dilihat, bagaimana petugas berupaya terus untuk perbaikan. Alatnya pun harus mencari ke Surabaya, agar pipa bisa berfungsi lagi,” jelas Walikota.

Selanjutnya, Wali Kota meminta masyarakat bersabar, sebab perbaikan pipa PDAM juga tidak dapat dilakukan sembarangan. “Perlu kehati-hatian agar pipa dapat berfungsi kembali,” tandas politisi PKB ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Wali Kota dan Sekda Gagal Divaksin

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …