PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Keseriusan Pemkot Probolinggo terhadap permasalahan anak jalanan (anjal) dipertanyakan para anjal. Rencananya selain diberi rumah singgah, para anjal bakal dimodal usaha.

Hal itu disampaikan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat bertemu para anjal di Kantor Pemkot Probolinggo, Jumat (10/1). Orang ‘nomor wahid’ di Pemkot itu menjanjikan, akan memprioritaskan mereka untuk menerima beras dari Kota Probolinggo.

“Hari ini kami panggil mereka untuk memberikan solusi dalam penanganan soal anjal. Untuk warga Kota Probolinggo menetap di Pasar Gotong Royong tercatat ada dua,” kata Wali Kota yang biasa disapa Habib Hadi ini.

Sebelumnya beberapa anjal yang berasal dari luar Kota Probolinggo sudah dipulangkan. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga rencananya akan ditempatkan di Rusunawa.

Salah satunya mereka bisa ditempatkan di Rusunawa di Kota Probolinggo,” tambahnya. Sedangkan untuk menopang hidup, mereka bakal dimodali usaha.

“Kami siap memberikan bantuan termasuk modal usaha. Kami yakin mereka ingin hidupnya lebih baik, termasuk untuk kehidupan anak-anak dan keluarganya,” harap Habib Hadi.

Sementara itu, Riki salah satu anjal asal Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan mengaku, siap jika difasilitasi Pemkot. Bahkan ia berkeinginan berjualan pentol.

“Ya kalau diberi modal usaha, saya siap jualan pentol. Kalau memang benar saya berharap sekali, insyaallah siap tidak lagi berkeliaran di jalanan,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi