Ekspo UMKM Marakkan HSN di Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2019, PCNU Kota Probolinggo menggelar ekspo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kemandirian ekonomi khususnya di kalangan nahdliyin.

Ekspo UMKM digelar selama sembilan hari, 14-22 Oktober di GOR Kedopok, Jalan Mastrip, Kecamatan Kedopok. Puluhan UMKM merupakan kader-kader NU dan juga masyarakat umum.

Berbagai jenis produk UMKM dipamerkan di antaranya, olahan makanan minuman termasuk kerajinan tangan. Koordinator UMKM, Oktavia Kusumaningsih menjelaskan, ada total sekitar 30 pelaku UMKM yang ikut ekspo.

“Ada sekitar 30 UMKM yang ikut ekspo dalam rangka HSN ini. Dilaksanakan 9 hari pada hari ini sampai 22 oktober nanti,” katanya, Senin (14/10). Produk UMKM tersebut berasal dari Badan Otonom (Banom) NU dan juga masyarakat luar. 

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kota Probolinggo, H Ilyas Rolis menyampaikan, ekspo UMKM dalam rangka HSN rutin digelar tiap tahun. Tujuannya meningkatkan kemandirian ekonomi dan kewirausahaan kader nahdliyin.

“Insyaallah kita laksanakan rutin tiap HSN karena ini bagian dari perayaan HSN. Tujuannya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan kewirausahaan ummat khususnya kalangan nahdliyin,” ucapnya kepada PANTURA7.com.

Pihaknya berharap ekspo UMKM selalu istikomah digelar , bahkan ke depan akan kebih besar lagi. Termasuk, mengajak para pelaku UMKM di Kota Probolinggo untuk sama-sama mengembangkan kewirausahaan.

“Ke depan akan rutin digelar namun yang pasti kader-kader NU harus menciptakan potensi kewirausahaan sebagai upaya kemandirian ummat,” tutupnya. (*)


Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi


Baca Juga  Warung Kejujuran di Masjid Ar-Rahmah Omset Puluhan Juta per Bulan

Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …