Menjelang Idul Adha, Sapi Kurban di Lumajang Naik

Lumajang, – Beberapa hari menjelang Idul Adha, harga hewan kurban di Lumajang melonjak sekitar Rp2-3 juta per ekor. Sementara harga sapi biasa, masih stabil.

“Kalau dilihat dari harga awal hanya Rp14-20 juta, namun sekarang harga sapi menjadi Rp16 hingga Rp23 juta per ekor,” ujar Johan Abdillah, pembeli hewan kurban di Pasar Hewan Lumajang, Senin (26/6/2023).

Johan mengatakan, semakin mendekati Hari Raya Kurban harga sapi meningkat karena masuk ke momen premanan.

“Kalau sudah premanan harga hewan kurban melambung tinggi. Bahkan sekarang yang menjadi incaran kami para pembeli, justru banyak yang mencari sapi yang masih muda,” katanya.

Sementara, Imron (52) salah satu pedagang di Pasar Hewan Lumajang mengatakan, kenaikan harga ini sudah lumrah terjadi saat mendekati Idul Adha. Bahkan kenaikan sudah terjadi sejak Kamis (22/6/2023) lalu.

Akan tetapi, kenaikan harga cukup fantastis itu berlaku pada sapi yang cocok untuk menjadi hewan kurban. Sedangkan untuk harga sapi biasa masih terbilang normal atau stabil.

“Kenaikan harga akan terus terjadi hingga Idul Adha nanti. Kalau sapi biasa masih terbilang normal harganya,” kata Imron.

Meski harga sapi meningkat, kata dia, tingkat keramaian pembeli juga bertambah karena masyarakat banyak yang punya hajata (pesta pernikahan). Apalagi, sapi miliknya besar-besar dan terbilang masih muda.

“Alhamdulillah sapi saya sudah laku ekor ekor. Kalau kemarin itu hanya satu, kadang ya gak ada pembeli sama sekali,” pungkasnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Akses Sanitasi Layak Nasional Sentuh 75 Persen

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …