Perajin-Difabel ‘Mbatik Bareng’, Lalu Bagikan Souvenir

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Perayaan Hari Batik Nasional di Kabupaten Probolinggo, dirayakan dengan cara berbeda. Sejumlah perajin batik bersama kelompok difabel dan anak usia dini, membagikan produk kerajinan batik, Rabu (2/10) pagi.

Bagi-bagi souvenir batik dilakukan di depan kantor Bupati Probolinggo, jalan Panglima Sudirman, Kota Kraksaan. Sasarannya, pengguna jalan baik kendaraaan roda dua maupun roda empat.

“Batik Probolinggo mempunyai keunikan. Warna lebih cerah, karena merupakan daerah pendalungan antara Madura dan Jawa. Kami juga menghasilkan batik dengan warna kalem,” terang ketua APBBA (Adikarya Perajin Batik, Bordir dan Aksesoris) Kabupaten Probolinggo, Mahrus Ali.

Souvenir dari kerajinan batik yang dibagikan, sebanyak 2.009 buah tangan. Mulai dari syal, sapu tangan, hingga odeng berbahan batik. Tak sampai satu jam, ribuan souvenir ini pun tak tersisa.

Sebelum membagikan souvenir batik, para difabel dan anak-anak tersebut membatik bareng dalam kain sepanjang 10 meter bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Batik merupakan salah satu budaya bangsa kita. Hari ini kita melibatkan teman-teman difabel dan anak-anak untuk membatik bersama,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Soal keterlibatan kelompok difabel dalam giat bertema ‘Ayo Mbatik Bareng’ itu, menurut Yulius, lantaran kaum difabel memiliki kelebihan berbeda meski secara fisik memiliki keterbatasan.

“Kita ingin menunjukkan bahwa temen difabel mempunyai kelebihan dan kreativitas dalam hal membatik. Di sanggar-sanggar, temen difabel banyak terlibat dan hasilnya sangat luar biasa sekali,” Yulius menjelaskan.

Keikutsertaan anak-anak dalam membatik, disebutkan Yulius, sebagai sarana untuk menanamkan menyampaikan pesan. “Bagaimana anak-anak bisa mewarisi budaya leluhurnya sejak dini,” tuturnya. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Penulis : Efendi Muhammad

Baca Juga  22 PJU Baru di Kota Kraksaan Ditargetkan Sebelum Nataru

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …