Staf BKD Kesurupan Saat Ikuti Mutasi Pejabat di SL Park

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Mutasi pejabat yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo di Sumber Lele (SL) Park, Kecamatan Kraksaan, Rabu (23/7/2019) pagi terganggu. Seorang staf Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kesurupan saat kegiatan berlangsung.

Staf perempuan berinisial MM itu kesurupan saat Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, membacakan nama-nama pejabat eselon III yang akan dilantik. MM yang menjadi pembawa acara tiba-tiba pingsan.

Sejurus kemudian, ia berteriak histeris sambi meronta-ronta. Tubuhnya juga kejang-kejang sehingga membuat pejabat lain yang berada di lokasi kewalahan menenangkan MM. Selama kesurupan, MM tak henti-henti teriak.

“Itu pindah, itu pindah, itu pindah, itu pindah, itu pindah…,” ucap MM seraya histeris.

Petugas medis dibantu rekannya sesama pejabat, lantas mengevakuasi MM ke ambulan untuk dibawa ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Proses mutasi pejabat pun, kembali dilanjutkan.

Kasi Pengelolaan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Bejo Riyanto menyebut, kesurupan yang terjadi di SL Park pertama kali terjadi sejak taman kota tersebut didirikan sekitar 7 tahun yang lalu.

“Tidak pernah ada kesurupan disini, tidak pernah ada laporan. Makanya saya terkejut, apalagi yang kesurupan staf BKD,” kata Bejo.

Sementara, Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, KH Syihabuddin Sholeh yang hadir di acara tersebut menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kesurupan terjadi. Pertama adalah kondisi fisik yang kurang prima saat mengikuti kegiatan.

“Faktor lain, ya roh halus, jin dan semacamnya. Itu kan ada dimana-mana. Ya bisa jadi ada ketidakseimbangan antara roh halus dengan roh kasar. Ya gampangnya dia kesurupan,” ujar Kiai Shihabuddin.

Sekedar informasi, mutasi pejabat yang dipimpin Wakil Bupati HA. Timbul Prihanjoko ini melibatkan 62 pejabat eselon III dan IV. Rinciannya, ada 21 pejabat untuk eselon III dan sebanyak 41 pejabat dari eselon IV dipindahtugaskan. (*)

Baca Juga  Lomba Dilarang, Komunitas Pecinta Burung Berkicau Wadul Dewan

 

Penulis : Moh. Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …