Walikota Probolinggo saat melaunching 'View Probolinggo' di Puri Manggala Bakti disaksikan OPD dan Forkopimda. (Foto : Rahmad S)

Yuk! Intip ‘View Probolinggo’, Nikmati Layanannya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan aplikasi layanan berbasis digital bernama ‘View Probolinggo’. Layanan ini kian mendekatkan Kota Probolinggo sebagai ‘Smart City’.

Aplikasi ‘View Probolinggo’ dirancang oleh Diskominfo Kota Probolinggo melalui forum ‘smart city’. Nantinya, aplikasi ini tak hanya bisa dinikmati masyarakat Kota Probolinggo, namun juga oleh masyarakat dari luar kota.

Aplikasi dilaunching oleh Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Rabu (22/5/2819) sore. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menjadi saksi pemanfaatan aplikasi modern ini.

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadi Zainal Abidin menyatakan akan terus mengontrol aplikasi VIEW Probolinggo. Ia pun tak segan-segan untuk mengecek keberlanjutan dan tindaklanjut dari masing-masing OPD dalam memanfaatkan aplikasi ini.

“Saya harap semua bersinergi. Sekarang zamannya sudah canggih, jadi pelayanan pemerintah kepada masyarakat harus mengikuti perkembangan zaman juga,” kata Walikota seusai melaunching ‘View Probolinggo’ di Ruang Puri Manggala Bakti.

Aplikasi ‘View Probolinggo’ menjadi bingkai Kota Probolinggo yang bisa dimanfaatkan dengan mudah dan praktis. (Foto : Rahmad S)

Aplikasi ‘View Probolinggo’ sudah dicanangkan sejak akhir tahun 2018 dan direalisasikan awal tahun 2019. Aplikasi ini menjadi salah satu dari program 99 hari kerja Walikota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Walikota M. Soufis Subri.

“Aplikasi View Probolinggo’ ini merupakan program pengembangan dan pengelolaan pelayanan e-government menuju Kota Probolinggo sebagai Smart City,” terang Kepala Diskominfo Kota Probolinggo Aman Suryaman.

Untuk menikmati aplikasi ini, caranya cukup mudah. Pengguna ‘smartphone’ cukup mendaftar menggunakan nomer handphone dan NIK, selanjutnya masyarakat sudah bisa mengakses informasi seputar Kota Probolinggo.

Beberapa fitur yang bisa diakses diantaranya informasi terkait JDIH, pemberitaan, event kota, CCTV publik, informadi radio dan alamat kantor pemerintahan. Ada juga layanan pariwisata, pendidikan hingga lowongan kerja.

Baca Juga  1.300 Warga Terima Bantuan dari DBHCHT

Sedangkan fitur kesehatan menyediakan informasi rumah sakit dan klinik, dokter praktik, bidan praktik, apotik, rawat inap RSUD dr Mohamad Saleh, ambulance, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan serta layanan Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Bahkan juga ada layanan pengaduan. Jadi masyarakat bisa mengadukan keluhan apa saja, ke OPD mana nanti bisa ditindaklanjuti,” tandas Aman. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …