Walikota Probolinggo Jamin Daging Sapi Layak Konsumsi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Kota Probolinggo tidak perlu khawatir dengan kualitas daging sapi dan ayam yang beredar di pasaran. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menjamin kondisi tersebut melalui pengawasan dan pengujian, yang dilakukan rutin selama 2 minggu sekali.

Untuk membuktikannya, Wali Kota Hadi Zainal Abidin ikut mengecek kualitas daging di Pasar Baru, Selasa (21/5/2019) pagi. “Saya percaya kalau di Kota Probolinggo, insyaallah semua pedagangnya jujur. Tidak menjual daging yang tidak layak konsumsi,” kata Walikota.

Selain kualitas, dalam pengecekan itu diketahui harga dagong sapi berada dikisaran Rp 110 ribu per kilogram untuk kualitas bagus, sedangkan kualitas biasa antara Rp 85 ribu sampai Rp 100 ribu. “Karena permintaan banyak daging sediki, jadi harga dinaikkan sedikit,” tutur Jadi.

Diketahui, ada empat pedagang di Pasar Baru yang jagal sapi sendiri di RPH; sedangkan di Pasar Wonoasih hanya satu jagal. Kebanyakan pedagang daging di kota ini membeli tengkulak dari Kota dan Kabupaten Probolinggo. Dalam satu hari sebanyak 1,5 ton daging yang beredar di pasar.

Sementara itu, dari hasil tes Reagen Aber untuk mengukur kebusukan dan PH, kepada puluhan pedagang, tim tidak menemukan daging tak layak jual. Dengan demikian, kualitas daging masih cukup bagus.

“Alhamdulillah sidak daging sapi dan ayam hasilnya bagus, tidak ada yang tidak layak untuk dimasak oleh masyarakat. Setelah dicek dengan PH dan kebusukan tidak ada yang melebihi dari 7,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sukarning Yuliastuti.

Ning berharap kepada masyarakat Kota Probolinggo agar membeli daging yang memang segar. “Karena jika mengkonsumsi daging jelek, bisa membuat sakit perut atau timbul penyakit lainnya, karena ada bakteri yang didalamnya,” jelas dia. (*)

Baca Juga  Peduli Bencana, Bold Riders Probolinggo Buka Bengkel Servis Motor Gratis

 

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …