4 Warga Probolinggo Meninggal Akibat DBD

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Angka penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) selama bulan Januari-Februari 2019 semakin bertambah. Bahkan selama periode tersebut, 4 orang penderita DBD meninggal dunia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo mencatat, terdapat 144 orang terjangkit sejak 1 Januari hingga 24 Februari 2019. Jumlah penderita tersebar masif di 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo.

“Pasien DBD terus meningkat, tiga hari sebelumnya data yang masuk sebanyak 144 dari Januari, kini bertambah sebanyak 160 pasien,” kata Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica, pada Minggu (24/2/2019).

Saat ditanya soal angka kematian pasien DBD, wanita asal Balikpapan ini menjelaskan, pasien DBD yang meninggal juga bertambah. Jika sebelumnya hanya 1 pasien, kini mrnjadi 4 pasien yang meninggal dunia.

“Sebelumnya hanya satu pasien DBD asal Gending yang meninggal. Sekarang sudah bertambah tiga lagi, satu dari Kecamatan Besuk, satu dari Kecamatan Wonomerto, dan satu lagi dari Ranu Gedang Kecamatan Tiris,” terang dia. (*)

Agar lolos dari ancaman demam berdarah yang mengintai, Dewi menyarankan agar masyarakat ekstra waspada. Selain itu, ia meminta masyarakat juga berperan aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan 3-M plus (Menutup, menguras, mengubur, red) terutama di tempat yang menjadi habitat endemik nyamuk.

“Hal-hal kecil yang dianggap remeh oleh masyarakat biasanya menjadi penyebabnya, seperti genangan air di wadah galon. Kalau itu dibuka, pasti akan ditemukan bintik-bintik nyamuk,” papar wanita berumur 38 ini memungkasi.

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Tanah Longsor Terjang Desa Tambak Ukir, ini Langkah BPBD Kab. Probolinggo

Baca Juga

Kurang dari 2 Jam, Gunung Semeru Erupsi Empat Kali

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, alami empat kali erupsi, Senin (13/5/24/) dinihari. …