Gerakan Anti Hoaks Dari Genggong Untuk Pemilu Damai

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Maraknya informasi hoaks menjelang pemilu 2019, membuat santri Pondok Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo ‘pasang badan’. Deklarasi anti hoaks pun digelar, pada Jum’at (22/2/2019) petang.

Bertempat di halaman asrama rusunawa Hafsawaty Genggong, ratusan santri membentuk garis melingkar lalu secara serentak deklarasi anti hoaks. Deklarasi ini dipimpin oleh salah satu pengasuh, KH. dr Haris Damanhury Romly.

“Masa depan bangsa ini terancam karena ada gangguan yang dapat memecah persaudaraan. Masalah yang membuat kita sangat prihatin yaitu maraknya informasi hoaks,” kata Gus Haris, begitu ia biasa dipanggil, saat memberikan wejangan kepada santri.

Perpecahan bangsa, lanjut putra pertama Nyai Hj. Diana Susilowati ini mudah terjadi, lantaran masyarakat ketija mendapatkan mendapatkan informasi langsung ditelan mentah-mentah. Padahal informasi yang didapat belum tentu kebenaranya.

“Kami mengajak agar para santri menolak informasi hoaks dan juga tidak menyebarkannya. Ketika mendapatkan informasi, dikroscek dulu kebenarannya,” Gus Haris menjelaskan.

Selain memimpin deklarasi anti hoaks, Gus Haris juga mengajak santri menjaga keamanan dan ketertiban pemilu 2019 pada 17 April nanti. “Santri sekarang juga harus bsrjuang, caranya dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap dia.

Tepisah,  Kepala Pondok Rusunawa Hafsawaty Genggong Zainal Abidin menyebut bahwa menyebar hoaks sama saja dengan melakukan dosa besar. Oleh karenanya, sikap anti hoaks harus dibiasakan sejak dini.

“Hoaks itu sangat keji, hoaks bagi kami seperti halnya fitnah. Sedangkan fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan. Kami santri Genggong menolak hoaks, tanpa hoaks pemilu bisa berlangsung dengan damai,” tutur Zainal. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Dekati Idul Adha Harga Kambing Naik Dua Kali Lipat

Baca Juga

Haulnya Dibanjiri Ribuan Jemaah, Ternyata ini Keistimewaan Kiai Hasan Genggong

Probolinggo,- Lautan manusia memenuhi halaman Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dalam haul …