Lagi, Semalam 2 Toko Kelontong Dibobol

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Lagi-lagi toko kelontong di Kota Probolinggo menjadi sasaran pencurian. Bahkan kali ini, dalam waktu semalam, dua toko kelontong hampir bersamaan dibobol maling dengan kerugian material diperkirakan puluhan juta.

Kedua toko yang dibobol tersebut sama-sama menjadi sasaran pencuri “spesialis rokok”. Toko pertama yang dibobol, Toko Sumber Naga Jalan dr. Soetomo, Kelurahan Mangunharjo,Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Sedangkan toko kedua, Toko Putra Jaya, Jalan Pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Dua pekan sebelumnya, toko kelontong lain, Toko Aneka Rasa di Jalan Panglima Sudirman, juga dibobol.

Toko Sumber Baru milik Widarsono (46) dibobol pencuri, Sabtu (23/2/2019) dini hari. Beruntung adanya CCTV dan alarm membuat pelaku yang berjumlah empat orang menggunakan dua motor tak terlalu leluasa menjarah rokok.

Salah satu toko kelontong di Kota Probolinggo yang dibobol kawanan pencuri. (Foto : Rahmad Soleh).

“Aksi pelaku terekam CCTV, mencongkel pintu toko dan pakai topi dan serta masker masuk toko saya sekitar pukul empat subuh. Dia mengambil rokok, namun sensor alarm berbunyi pelaku sempat keluar tapi masuk lagi,” kata pria yang akrab disapa Titi itu.

Setidaknya dua bal rokok Gudang Garam dan Mild amblas. Sedangkan puluhan bungkus rokok lain juga dibawa kabur. Jika ditotal kerugian mencapai sekitar Rp 7 juta.

Di tempat berbeda, Toko Putra Jaya milik Fredy (47) juga dibobol maling. Dengan merusak pintu, komplotan pencuri menggasak sedikitnya 12 bal rokok Surya, Djarum, dan Apache yang berada di dalam toko.

“Saya kan tidak tidur di toko. Jam setengah tujuh saya buka toko. Saya kaget pintu tidak tertutup rapat, setelah saya cek rokok banyak yang hilang,” kata Fredy, Sabtu.

Ia tak sempat memacang CCTV sehingga tak tahu pasti bagaimana ciri-ciri pelaku dan berapa jumlahnya. Ia mengaku menderita kerugian sekitar Rp 30 juta.

Baca Juga  Sambut Ramadhan, Dipasok 5 Ton Bawang Putih Impor

Kasus ini, kini ditangani oleh Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Probolinggo Kota. Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal mengaku, akan menindaklanjuti kejadian yang meresahkan warga tersebut.

“Kami tindak lanjuti dan kami tidak akan diam , yang jelas ini meresahkan dan terjadi beberapa kali,” tegasnya.

Diketahui, dua pekan lalu, pada Rabu (13/02/2019), komplotan pencuri membobol Toko Aneka Rasa di komplek Pasar Baru, Jalan Panglima Sudirman, Kota Probolinggo. Sedikitnya 2 karton dan 37 bal rokok aneka merek senilai sekitar Rp 60 juta dan uang tunai Rp 2 juta digondol pelaku. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Dituduh Jual Kayu, Paman Dibantu Anak Aniaya Ponakan Hingga Sekarat

Probolinggo,- Dituduh menjual kayu, bapak dan anak di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pada …