Kurang Kuota, Masa Pendaftaran PTPS Diperpanjang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jumlah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Probolinggo yang sampai saat ini belum mencapai kuota. Solusinya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditingkat Kecamatan (Panwascam) menambah masa pendaftaran.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu, Azam Fikri saat dikonfirmasi PANTURA7.com pada Jumat (22/2/2019). Setidaknya ada total 607 PTPS yang nantinya bertugas menjaga TPS saat pemilu 17 April mendatang.

Namun sampai saat ini kuota dua kali lipat dari total 607 belum terpenuhi. Sehingga sesuai pedoman pelaksanaan pembentukan PTPS jika belum memenuhi kuota dua kali lipat harus ada tambahan waktu pendaftaran.

Jika sebelumnya pendaftaran dari 11-21 Februari, kini diperpanjang pada 25-27 Februari. “Ya, jadi harus dua kali lipat dari total PTPS, berdasarkan itu kami menambah masa pendaftaran PTPS,” kata Azam.

Azam pun mengimbau pada masyarakat agar perpanjangan waktu dimanfaatkan untuk mendaftarkan diri sebagai calon PTPS di Panwascam terdekat . “Kami tambah dengan harapan kuota terpenuhi sehingga masyarakat bisa mendaftarkan segera sebagai calon PTPS,” tandasnya.

Adapun rincian total PTPS se-Kota Probolinggo per kecamatannya adalah sebagai berikut :

Kecamatan Kademangan total PTPS 111 orang, sedangkan yang mendaftar masih 102 orang. Kecamatan Wonoasih total PTPS 92 orang , yang mendaftar masih 86 orang.

Sementara itu Kecamatan Kedopok ada 89 PTPS, yang mendaftar masih 84 orang. Sedangkan Kecamatan Kanigaran ada 151 PTPS, yang mendaftar masih 156 orang, dan Kecamatan Mayangan total ada 164 PTPS, pendaftar masih 191 orang.

Nantinya para calon PTPS akan diseleksi berupa administrasi dan tes wawancara. Rencananya pengumuman hasil seleksi diumumkan pada tanggal 8-12 Maret mendatang. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Sumbangan Dana Kampanye PKB Tertinggi di Kota Probolinggo

Baca Juga

Bangun Koalisi Gajah, 8 Partai Non Parlemen Merapat ke Gus Haris

Probolinggo,- Gelombang dukungan untuk dr. Muhammad Haris Damanhuri atau Gus Haris menjelang Pemilihan Kepala Daerah …