Sukseskan SDG’s, Bappeda Litbang Kota Probolinggo Gandeng Masyarakat Filantrofi dan Pelaku Usaha

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Badan Perencanaan dan Pendapatan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, menggelar seminar bertema ‘Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan Untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s)’ di Orin Hall and Resto, jalan Mayjend Panjaitan, Rabu (26/12/2018) pagi.

Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Rey Suwigtyo, S.Sos, M.Si melalui Sekretaris Bappeda Fajar Purnomo,SE. MSi. menjelaskan, seminar tersebut digelar untuk menciptakan sinergitas dan dukungan masyarakat filantrofi serta pelaku dunia usaha terhadap SDG’s di Kota Probolinggo.

“Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), SDG’s atau TPB menjadi salah satu acuan pembangunan nasional. Termasuk di Kota Probolinggo yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 5 tahunan,” kata Fajar saat sambutan.

Seminar ini, jelas Fajar, diikuti oleh hampir seluruh stake holder di Kota Probolinggo, termasuk perusahaan maupun sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dengan keterlibatan lembaga lintas sektor, lanjut dia, pembangunan SDG’s bisa lebih cepat dan berlangsung secara harmonis.

Peserta seminar FDG’s saat mendengarkan pemaparan dari narasumber. (Foto : Rahmad Soleh).

“Dengan sinergitas yang baik, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman berbagai pihak, menumbuhkan komitmen dan dukungan bagi dunia usaha untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan SDG’s di Kota Probolingggo,” harap dia.

Kemitraan dan sinergitas lintas sektor pemangku kepentingan secara inklusif dan berkomitmen, menurut Fajar, dapat mempermudah tujuan SDG’s. Dengan begitu, peningkatan kesejahteraan ekonomi dan keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat serta pembangunan yang berkeadilan terlaksana di Kota Probolinggo.

“MDG’s merupakan kelanjutan dari program pembangunan Millenium Development Goals (MDG’s) yang berakhir pada tahun 2015. Sedangkan SDG’s sendiri dilaksanakan mulai tahun 2016 hingga 2030 dengan melibatkan seluruh negara di dunia termasuk Indonesia,” imbuh Fajar.

Seminar yang dimoderatori oleh Sukardi Mitho ini, menyajikan 2 materi berbeda. Pertama Sosialisasi Kebijakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDG’s) oleh Dewi Prihatini, SE, MM. Materi kedua yakni Peran dan Kontribusi Lembaga Masyarakat, Filantrofi dan Dunia Usaha dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) oleh Dr.Ir. Sugeng Winarso, MSi. (*)

Baca Juga  Jelang Idul Adha Harga Daging Ayam Turun

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Kadisperta Pensiun, Kekosongan Jabatan Eselon II Pemkab Probolinggo Bertambah

Probolinggo,- Jumlah kekosongan pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali bertambah. Hal ini …