Spot Senilai Rp 5 Miliar, Siap Manjakan Pengunjung Bromo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, memoles kawasan Seruni Point agar menjadi destinasi utama dalam menikmati eksotika Gunung Bromo. Tak tanggung-tanggung, Pemkab gelontorkan dana Rp 5 miliar untuk membangun gardu pandang yang dilengkapi tangga raksasa.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Probolinggo, Donny Adianto menjelaskan bahwa spot baru ini berbentuk panggung dengan gapura khas Suku Tengger. Ketinggian spot ini sekitar 2.400 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

“Sumber dananya berasal dari bantuan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kami sudah memberikan tugas kepada staf untuk menanyakan kapan tahap akhir pekerjaan ini, yang pasti kami harapkan selesai sebelum diresmikan,” kata Donny, Minggu (16/12/2018).

Sepasang wisatawan asing sedang menuruni The Great Wall Seruni Bromo. (istimewa)

Dengan spot ini, cetus Donny, Seruni Point bisa bersaing dengan Bukit Penanjakan I dan Bukit Cinta yang dibangun oleh Pemkab Pasuruan. Dari titik ini, imbuh Donny, matahari terbit (Sunrise) maupun matahari tenggelam (Sunsite) dengan latar Gunung Bromo sangat mempesona.

“Saya optimis karena spot ini memiliki keunggulan, yakni bisa melihat secara sempurna Gunung Bromo tanpa halangan bukit lain,” paparnya.

Untuk sampai ke spot yang masuk wilayah Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura ini, pengunjung tak perlu naik turun bukit. Sebab Pemkab Probolinggo juga membangun anak tangga raksaksa, yang disebut The Great Wall Seruni Bromo. Proses pembangunan proyek, kini sudah memasuki tahap akhir.

“Rencananya bangunan baru di Seruni Point akan diresmikan pada 22 Desember 2018 atau tepat saat peringatan Hari Ibu. Namun karena hal teknis, maka peresmian dimajukan menjadi 18 Desember 2018,” ungkap Camat Sukapura, Yulius Christian. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Hitung Cepat, 47 Petahana Menangi Pilkades

Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …