Angka Kematian Bumil Turun, Kematian Bayi Naik 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo merilis data angka kematian ibu (AKI) hamil yang turun drastis. Namun berbeda dengan angka kematian bayi (AKB) yang jumlahnya justru meningkat.

Hal itu disampaikan Kadinkes, dr Shodiq Tjahjono pada PANTURA7.com di Kantor BPS. Ia menuturkan, kalau AKI pada tahun 2018 sebanyak 9 orang. Sementara tahun 2017, AKI sebanyak 14 orang. Berbeda dengan AKB yang meninggal tahun ini naik. Tahun  2017 sebanyak 190, untuk tahun kemarin sebanyak 203.

“Turunnya angka kematian ibu hamil diantaranya karena faktor sosialiasai yang dilakukan secara kontinyu,  sehingga angka kematian ibu hamil turun. Sedangkan angka kematian pada bayi naik. Kenaika ini banyak faktor, diantaranya faktor kesehatan ibu, termasuk kondisi bayi, berat badan dan sebagainya,” ucapnya, Jumat (6/12/2018).

Saat disentil upaya yang sudah dilakukan pemerintah dengan fakta itu, menurutnya peran pemerintah sudah banyak. Bahkan mulai dari usia remaja hingga menjadi ibu hamil (Bumil) bahkan hingga ibu lanjut usia.

“Tentu kami lakukan sepenuhnya untun menekan kematian bayi. Diantaranya optimalisasi penggunaan ASI ekslusif pada bayi usia 6 bulan pertama. Kami sudah larang pada ibu hamil beli susu formula, bahkan termasuk bidan pun dilarang,” Shodiq menegaskan.

Lebih lanjut Shodiq mengklaim bahwa upaya itu tidak main-main. Pasalnya bidan dilarang keras menganjurkan apalagi menjual susu formula pada ibu yang baru melahirkan. Ada sanksi tegas, seperti sanksi 3 tahun, lalu bidan dimutasi jika kedapatan menjual susu formula.

“Jika ada bidan yang menjual susu formula kami secara tegas melarang. Bahkan ada sanksi jika ketahuan,” tutup Shodiq. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Alokasi Pupuk Bersubsidi Berkurang, Pemkab Lumajang: Jangan Salahkan Pemerintah

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …