Bawaslu Gandeng Aktifis Muda Awasi Pemilu

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo, menggandeng para aktifis muda untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Para pegiat organisasi kepemudaan (OKP) dianggap punya peran sentral untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai dan demokratis.

Beberapa OKP yang digandeng oleh Bawaslu diantaranya adalah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pramuka dan sejumlah Remaja Masjid (Remas) yang tersebar di Kabupaten Probolinggo.

“Karena aktivis muda merupakan salah satu kelompok yang mempunyai idealisme tinggi. Apalagi mereka tergabung dalam wadah organisasi yang berpotensi menjadi pemantau pemilu,” kata Komisioner Bawaslu Divisi Hukum, Data dan Informasi, Fathul Qorib saat menggelar sosialisasi Peraturan Banwaslu nomer 4 tahun 2018, tentang Pemantauan Pemilu di Paiton Resort, Sabtu (17/11/2018.

Melalui peraturan Banwaslu nomer 4 tahun 2018, aktifis muda di Kabupaten Probolinggo diharapkan dapat berpartisipasi mengawasi pemilu nanti. “Target kami, adik-adik ini bisa membantu proses pengawasan, baik itu sebagai tim pemantau, jajaran pengawas dan jajaran pelaksana,” tambah Qorib.

Salah satu aktifis, Uswatun Hasanah (24) mengatakan, terjun langsung dalam pengawasan pemilu bakal menjadi pengalaman berharga bagi para aktifis muda. Sebab hal itu dapat menambah pengetahuan tentang pemilu terlebih sebagai wadah aktualisasi diri.

“Selain menambah wawasan dan pengalaman, kita nantinya juga bisa mengetahui sistem kerja dalam memberikan pengawasan ketika pelaksanaan pemilu berlangsung. Jadi saya rasa hal ini sangat diperlukan,” kata Uswah, biasa ia dipanggil.

Aktifis perempuan yang juga Ketua Komisariat PMII Inzah Genggong ini melanjutkan, pengawasan pemilu secara masif oleh berbagai pihak dapat mencegah tumbuhnya money politic. “Politik uang dan politik transaksional harus dicegah, agar pemimpin ditingkat eksekutif maupun legislatif tak mudah korupsi,” papar dia. (*)

Baca Juga  Harap Barokah, Ribuan Jamaah Ramaikan INZAH Bersholawat

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Top! Santri MTs. Zainul Hasan Genggong Kembali Raih Bronze Medal Olimpiade di Thailand

Probolinggo,- Prestasi emas kembali ditorehkan oleh santri MTs. Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. …