‘Genggong Go Green’ Sasar Sampah Pulau Gili

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komunitas Genggong Go Green (G3) menggelar aksi peduli lingkungan dengan melakukan bersih-bersih di Pulau Gili, Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, Sabtu (29/9/2018) pagi. Selain menyambut Hari Habitat Dunia 2018, aksi itu untuk mengedukasi pentingnya kebersihan bagi warga sekitar.

Rombongan yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, memulai pembersihan sampah di Pulau Gili sekitar pukul 7.20 WIB. Tak hanya di garis pantai, sampah yang berserakan di dasar laut dan pemukiman warga pun dipunguti.

“Giat ini berupa bersih-bersih Pulau Gili, darat pantai hingga bawah laut, yang melibatkan sekitar 400 orang,” kata Mohamad Haris Damanhuri Romly, salah satu pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong kepada PANTURA7.com.

Selain komunitas G3 dari Pesantren Zainul Hasan Genggong, giat sadar lingkungan ini melibatkan Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin SH, Wadanlantamal Kol Laut Sinaga, Kepala-kepala lanal wilayah timur berikut pasukannya, Sahabat Pecinta laut, Komunitas Diving, Unsur Pemkab Probolinggo hingga para kiai dan habaib.

Komunitas Genggong Go Green membawa sampah hasil bersih-bersih di Pulau Gili, Sabtu (29/9/208).

“Jadi tim dari Lantamal dan Komunitas Diving Bersih-bersih bawah laut dan terumbu karang. Kita juga masuk ke gang-gang bersama para kiai dan habaib untuk menberikan contoh ke masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan,” imbuh Gus Haris.

Ide bersih-bersih Pulau Gili, jelas Gus Haris, berawal dari kampanye lingkungan sehat ‘Gowes Bareng’ Genggong Go Green, yang digelar 15 Juli 2018 lalu. Dari kegiatan itu, muncul ide untuk membersihkan Pulau Gili, yang digelar menjelang Hari Habitat Dunia, 2 Oktober 2018.

“Selama ini sampah di Pulau Gili, terutama sampah plastik sangat memprihantinkan, harus ada jalan keluar. Sampah-sampahnya nanti kita bawa ke darat, ada support berupa tempat sampah dan gerobak dari lantamal,” tandas ponakan KH. Mohamad Hasan Mutawakkil Allallah ini.

Baca Juga  Ribuan Onthelis Bakal Meriahkan Genggong Go Green

Salah satu warga Pulau Gili, Musonnif Kamil (27), mengapresiasi bersih-bersih sampah massal itu. Selain dapat memberi contoh bagi warga, hal itu dapat meningkatkan kunjungan wisata di Pulau Gili. “ Bagus, biar wisatawan yang bersnorkeling lebih betah mas,” paparnya.

Diakhir giat, para relawan kebersihan ini menggelar pengobatan massal gratis bagi warga Pulau Gili, dengan tenaga medis dan obat-obatan yang dibawa menggunakan kapal perang milik Dantamal V Surabaya.  (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

BPBD Lumajang Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Bencana Saat Perubahan Cuaca

Lumajang,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim seiring peralihan …