Krisis Air Bersih Mulai Landa Wilayah Kab. Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah daerah di Kabupaten Pasuruan mulai dilanda krisis air bersih. Kelangkaan air bersih terjadi seiring matinya sumber mata air mendekati puncak musim kemarau.

Mendapati hal itu, bantuan air bersih pun digalakkan ke sejumlah kawasan rawan bencana kekeringan. Salah satunya di wilayah Kecamatan Pasrepan.

Di Desa Sibon misalnya, terlihat ratusan warga baik laki-laki maupun perempuan berdatangan membawa jerigen, bak dan galon mengantri bantuan air bersih, yang disalurkan Polres Pasuruan, Rabu (28/9/22) siang.

Menurut warga setempat, Julaeha, Krisis air bersih di desa ini rutin terjadi setiap tahun saat musim kemarau. Jika tidak ada bantuan air bersih, mereka biasanya meminta air bersih pada sanak saudaranya yang mempunyai sumur bor.

“Di sini setiap tahun kekeringan. Biasanya kalau mau cari air pakai sepeda notor ke desa Ledok Pasrepan sana, numpang air bor ke saudara,” kata Julaeha.

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi mengatakan, hari ini saja Polres Pasuruan mendistribusiksn bantuan air bersih sebanyak 32.000 liter ke dua desa di Kecamatan Pasrepan, yakni Desa Sibon dan Mangguan.

“Hari ini kami Polres Pasuruan bersama Polsek Pasrepan dan Koramil turun langsung memberikan bantuan air bersih ke masyarakat sebanyak kurang lebih 492 kepala keluarga, ” ujar Bayu.

Penyaluran air bersih ini, menurut Bayu, rencananya akan dilakukan secara berkala selama kekeringan dan musim kemarau masih terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Saat ini kita masih terus memantau perkembangannya. Apabila kekeringan ini berlanjut, maka penyaluran air bersih terus kita lalukan,” janji Kapolres. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Jadi Berita, Tumpukan Popok di Kali Besuk Dibersihkan

Baca Juga

Longsor di Piket Nol Lumajang, Rekontruksi Jembatan Gladak Perak Terancam Molor

Lumajang,- Jalur Lumajang – Malang di kilometer 59 piket nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten …