Genggong Go Green, Gaya Hidup Sehat Hindari Corona

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Event Genggong Go Green (G3) yang digelar Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (8/3/2020) pagi, disebut-sebut menjadi salah satu cara agar terhindar dari penyakit yang saat ini dianggap sangat mematikan, yakni virus corona

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan bersepeda, Genggong Go Green juga menjadi wahana untuk menambah khazanah keilmuan melalui talk show bertema kelestarian lingkungan dan kesehatan bersepeda, yang dihelat sehari sebelumnya.

“Ya pasti itu, apalagi kita tadi start diawali dengan senam cuci tangan, yang mengedukasi bagaimana kita selalu higienis dan rajin cuci tangan. Masker itu tak penting-penting banget lah,” kata inisiator Genggong Go Green, dr Gus Harris Damahuri Romly.

EDUKASI : Senam cuci tangan awali Genggong Go Green 2020 di PZH Genggong. (Foto : Kominfo PZH Genggong).

Yang tidak kalah penting, imbuh Gus Harris, adalah kebiasaan untuk senantiasa berpola hidup sehat dan bersih. Salah satu contoh hidup sehat , jelas dia, yakni dengan rajin berolahraga, seperti bersepeda.

“Juga dengan menjaga kebersihan lingkungan. Karena dengan sampah yang minimal dan lingkungan yang bersih, kemungkinan untuk kita terjangkit itu akan lebih minimal,” papar salah satu Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong ini.

Kekhawatiran terjangkit virus corona ini pulalah yang membuat Syarifah Nurul Jannah (30), rela jauh-jauh dari Kota Probolinggo menuju ke Genggong, untuk gowes bareng bersama ribuan pesepeda lainnya.

Menurut ibu muda dengan dua anak ini, bersepeda sebagai bagian dari pola hidup sehat sangat efektif untuk mencegah virus corona. Atas alasan itu, ia bahkan membawa dua anak serta suaminya bersepeda bareng di acara Genggong Go Green.

“Salah satu cara untuk mencegah virus corona kan, ya kita harus jaga kesehatan, harus berolahraga. Ini saya kesini sekeluarga, ikut jalur fun bike,” kata Syarifah.

Baca Juga  Semarak Genggong Go Green 2020, Edukasi Sehat Hingga Umroh Gratis

Sekedar infomasi, G3 kali ini merupakan event kedua setelah yang pertama digelar pada Juli 2018 lalu. Selain bersepeda bareng, Genggong Go Green 2020 juga menyajikan edukasi lingkungan dan kesehatan melalui talk show dan bincang mahasiswa. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …