Istighosah Kebangsaan Untuk Indonesia Bebas Bencana

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ribuan santri  Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadlus Sholihin bersama umat muslim di Kota Probolinggo, menggelar istighosah akbar, Senin (24/12/2018). Istighosah yang dipimpin Habaib dan Ulama ini untuk mendoakan keselamatan bangsa Indonesia yang saat ini diguncang bencana alam.

Istighosah yang bertepatan dengan Haul Habib Muhammad Bin Ali Al Habsyi, sebagai refleksi dan bentuk empati banyaknya musibah di Indonesia. Tercatat, dalam 6 bulan terakhir setidaknya ada 3 bencana besar di Bumi Pertiwi. Meliputi gempa Lombok, tsunami di Palu dan Donggala, dan yang terbaru tsunami di selat Sunda.

Pengasuh Ponpes Riyadlus Sholihin Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, istighosah ini merupakan istighosah kebangsaan sebagai bentuk kepedulian dan empati bagi korban, terutama korban tsunami di Banten dan Lampung. Selain itu, istighosah yang disertai doa bersama ditujukan sebagai bentuk dukungan moril kepada korban.

“Atas bencana tsunami yang menimpa daerah Banten khususnya Anyer, Serang, Pandeglang, dan Lampung, kami sangat prihatin dan ikut berduka cita yang mendalam,” kata Habib Hadi disela-sela acara.

Walikota Probolinggo terpilih ini mengaku ikut bersedih, membayangkan menjadi bagian dari masyarakat Banten. “Semoga doa dan istighosah dengan para ulama dan ribuan santri serta warga, bisa di-ijabah oleh Allah SWT sehingga menjadi keberkahan bagi bangsa Indonesia,” harap Habib Hadi.

Diketahui Tsunami menerjang kawasan Selat Sunda, pada Sabtu (22/12/2018) sekitar pukul 21.15 WIB. Selain menyebabkan korban tewas hingga 229 jiwa, tsunami menyebabkan 408 orang hilang, 720 orang luka-luka dan 4.411 orang mengungsi.

Selain itu, total kerugian sehari pasca bencana di Banten dan Lampung, terdiri dari 528 unit rumah rusak berat, 1 unit rumah hilang tersapu ombak, 82 unit rumah rusak ringan hingga 1 unit dermaga rusak berat. (*)

Baca Juga  Berkah Lebaran, Penjual Bunga Dadakan Banjir Pelanggan

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Haulnya Dibanjiri Ribuan Jemaah, Ternyata ini Keistimewaan Kiai Hasan Genggong

Probolinggo,- Lautan manusia memenuhi halaman Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dalam haul …