Gedung Nyaris Ambruk, SDN Tongas Wetan 04 9 Kali Ajukan Bantuan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebelum kondisinya memprihantikan, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tongas Wetan 04, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pernah mengajukan bantuan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Namun hingga saat ini, pengajuan itu belum ada titik pangkalnya.

Bahkan bantuan yang diajukan sudah dilakukan sebanyak 9 kali selama dua tahun terakhir. Tetapi selama itu pula, pihak sekolah hanya dijanjikan bakal dibantu oleh Kemendikbud melalui bidang Tata Kelola (Takola) Direktorat Pembinaan SD.

“Sekitar tanggal 23 lalu, kami diundang di Pemkab (Probolinggo, red), dimana kami diajukan dapat bantuan melalui Takola SD,” terang Kepala SDN Tongas Wetan 04, Kasiyati, Sabtu (29/9/2018).

Siswa-siswi SDN Tongas Wetan 04 belajar dibawah atap sekolah yang ambrol. (rs)

Namun, pihaknya belum mengetahui pencairan dana bantuan itu. sebabnya, bantuan bersumber langsung dari Kementrian Pendidikan. “Masih belum tahu kapan cairnya. Ya mudah-mudahan secepatnya, karena tahu sendiri kondisinya seperti itu,” harap Kasiyati.

Diketahui, 3 ruang kelas di SDN Tongas Wetan 04, yakni kelas 3, 4, dan 5 nyaris ambruk sehigga tidak ditempati lagi untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Selain atap sambrol, sejumlah kusen jendela dan pintu kelas lapuk. Selain itu, perabotan dalam kelas sudah tidak layak pakai.

Alhasil, puluhan siswa kelas 3 hingga 5 dipindahkan ke ruang perpustakaan dan mushola agar proses KBM terus berlanjut. Padahal bangunan yang pernah direnovasi tahun 2012 itu sudah rusak sejak 2016 lalu namun tak kunjung ada perbaikan. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Akhirnya, Warga Desa Sindet Anyar Dapatkan Air Bersih

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …