Paripurna, Hanya Dihadiri Separo Anggota DPRD

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo kembali menggelar paripurna lanjutan. Sayangnya dalam kesempatan itu, hanya separo anggota DPRD yang hadir.

Paripurna yang dihadiri Wakil Walikota Probolinggo M. Soufis Subri itu berlangsung pada Senin (8/4/2019). Paripurna sendiri membahas jawaban walikota terhadap pandangan umum fraksi-fraksi atas tiga rapeda yakni Raperda Pelayanan Publik, Raperda Pencabutan 4 Perda dan Raperda Penataan Toko Modern serta LKPJ Tahun Anggaran 2018.

Dari 30 anggota dewan yang hadir termasuk pimpinan, saat paripurna dimulai yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Muhlas Kurniawan, hanya 12 anggota DPRD yang hadir.

Tak lama kemudian menyusul Ketua DPRD Agus Rudianto Ghaffur dan Wakil KetuaDPRD Roy Amran hadir. Sementara itu beberapa kursi tampak kosong tak ditempati para anggota dewan.

Salah satu anggota DPRD Rano Cahyono yang hadir saat sidang paripurna meskipun sakit. (Foto : Rahmad Soleh).

Wakil Walikota mengatakan, paripurna seharusnya menjadi bagian penting dalam menyusun kebijakan. Oleh karena itu sudah seharusnya anggota dewan hadir.

“Ya sebenarnya sangat penting ini kan paripurna. Alangkah baiknya meski saat ini banyak yang tengah konsen pada Pileg 2019 tidak lupa kewajibannya sebagai anggota dewan,” ucap Subri saat ditanya awak media.

Ia pun berharap agar kondisi ini tak terjadi berulang. Sebab bagaimanapun juga menjadi contoh sekaligus representasi dari keterwakilan rakyat.

Tak hanya soal ketidakhadiran anggota dewan, saat hendak dimulai salah satu anggota dewan sempat protes . Pasalnya lembar jawaban walikota yang akan dibacakan tak dibagikan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Agus Rudianto Ghaffur membenarkan hal tersebut. Ia sudah berulang kali menyampaikan lewat Whatsapp bahwa ada paripurna.

“Kami sudah memberitahukan kembali, tetapi beberapa memang tidak bisa hadir. Kadangkala mereka hanya izin secara lisan ke fraksi, namun harusnya kan juga izin ke pimpinan paripurna,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga  Jemaah Haji Kabupaten Probolinggo Pulang 29 Juli

Bahkan ia mengapresiasi seperti anggota dewan Rano Cahyono dari Partai Golkar yang tengah sakit namun datang. Termasuk anggota dewan dari Partai Gerindra Mujo.

Ia menyadari saat ini para anggota dewan kembali mengikuti kontestasi Pileg 2019, namun kewajiban juga perlu diperhatikan. Ia pun berharap agar menjadi perhatian bagi anggota dewan di masa mendatang. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …