Wakil Ketua DPRD Lumajang, Bukasan.

Diam-diam, PDI-P Siapkan Kadernya untuk Bertarung di Pilkada Lumajang 2024

Lumajang,- Pemilu Tahun 2024 kian dekat. Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diselenggarakan serentak pada Rabu, tanggal 14 Februari 2024.

Sementara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, rencananya akan dilaksanakan pada Rabu, tanggal 27 November 2024.

Selain menyiapkan kader untuk menduduki parlemen dan istana negara, PDI Perjuangan juga berhasrat menguasai kepala daerah, tak terkecuali di Kabupaten Lumajang.

Sekretaris DPC PDI-P Kabupaten Lumajang, Bukasan menyampaikan, saat ini partainya sudah ‘pasang mata’ dan mencari peluang untuk mengantarkan kadernya sebagai Bupati Lumajang Periode 2024 – 2029.

“Kami melihat potensi politiknya seperti apa. Semua kader yang memiliki elektabilitas tinggi akan diusung nantinya,” kata Bukasan, Rabu (22/3/23).

Diakui Bukasan, pihaknya pasti menyiapkan kader untuk maju dalam Pilkada 2024. Namun untuk sementara ini, fokus utamanya adalah memerahkan kursi wakil rakyat di DPRD Kabupaten Lumajang.

“Kami akan melihat terlebih dahulu perolehan kursinya (di Pileg, red). Tetapi saya yakin DPD PDI-P Jatim memiliki kader potensial untuk melaju (jadi calon bupati, red),” yakin Bukasan.

Di sisi lain, Bukasan juga menyoroti pemecahan Daerah Pemilihan (Dapil) oleh KPU Lumajang. Saat ini, Dapil di kota pisang pecah jadi 7 dari sebelumnya 4 dapil.

Menurutnya, tidak akan ada dampak signifikan terkait perubahan dapil terhadap strategi politik. Apalagi saat ini sudah dipersempit teritorialnya.

“Pembagian dapil menjadi 7 itupun sebetulnya sudah kami sikapi dari awal, kita telah menata wilayah-wilayah itu. Sehingga para caleg tidak berbenturan satu sama lain. Sekarang sudah dipersempit kecamatannya, artinya ruang gerak di masing-masing kecamatan tinggal menata saja dan merubah strategi,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Sholawat Uhudiyah jadi Primadona Nahdliyin, Ternyata Penciptanya Orang Lumajang

Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …