AMBRUK: Kondisi kandang sapi dan kamar mandi yang ambruk di Kareng Kidul, Wonomerto. (foto: Hafiz Rozani)

Tanah Labil dan Hujan Deras, Rumah Warga di Wonomerto Ambruk

Wonomerto,- Dapur serta toilet milik warga Dusun Petung, Desa Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo ambruk, Rabu malam (22/02/2023). Diduga, ambruknya dua ruangan rumah tersebut karena diguyur hujan serta tanahnya labil.

Informasi yang dihimpun, dua ruangan di rumah milik Supriadi (50), yang ambruk tersebut diketahui sekitar pukul 21.00. Sebelum ambruk, sejak Rabu sore daerah sekitar diguyur hujan deras.

Tiba-tiba, sekitar pukul 20.30, kandang sapi, serta kamar mandi yang ada di sebelah timur rumah roboh. Beruntung, dalam kejadian tersebut, tidak ada korban lantaran saat kejadian, pemilik sedang ada di ruangan tengah.

“Saat itu, saya sedang duduk di dapur, sebelum ambruk, terdengar suara gemuruh. Tiba-tiba kandang sapi, serta kamar mandi ambrol,” ujar pemilik rumah, Supriadi.

Untuk sementara, dua sapi milik Supriadi dititipkan di kandang milik tetangga.

“Selain kamar mandi dan kandang sapi, lantai gudang yang ada di depan rumah juga ambrol. Akibat robohnya dua ruangan ini, perkiraan kerugian puluhan juta,” imbuh Supriadi.

Sementara, Kepala Desa Kareng Kidul, Ahmad Suladi mengatakan, ambruknya kamar mandi dan kandang sapi ini selain tanah labil, juga karena hujan yang mengguyur. Pagi hari ini, pemilik dibantu warga dan aparat desa melakukan perbaikan rumah.

“Hari ini pemilik dibantu warga dan aparat desa melakukan perbaikan. Selain itu, pasca kejadin, tadi malam ambruknya rumah Supriadi ini sudah saya laporkan ke BPBD Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Dampak Hujan Deras, Tembok Penahan Tanah Kali Kertosono Ambrol

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …