Kisruh Pemilu, Massa Anarkhis Serbu Kantor KPU

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 tiba-tiba mengobrak-abrik Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Mayangan, Kota Probolinggo. Tidak cukup, massa kemudian ngeluruk ke kantor KPU Kota Probolinggo dan kembali bikin onar.

Ketika massa mulai tidak terkendali, pasukan Sabhara Polresta Probolinggo berusaha memukul mundur kelompok massa. Massa semakin brutal dengan membakar ban dan melempari polisi.

Polisi akhirnya mengerahkan mobil meriam air (water cannon), pasukan K-9 (anjing), dan menembakkan gas air mata ke arah massa untuk membubarkan massa. Massa akhirnya lari tunggang langgang mencari tempat aman.

Jangan salah, ‘chaos’ tersebut bukan kejadian sebenarnya melainkan simulasi pengendalian massa anarkhis dalam pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 yang digelar di Mapolresta Probolinggo, Jumat (21/9/2018).

“Biar kami selalu siap mengantisipasi kemungkinan munculnya gangguan keamanan saat Pilpres dan Pileg 2019 maka perlu digelar simulasi,” ujar Kapolresta Probolinggo,  AKBP Alfian Nurrizal, usai simulasi.

Disinggung apakah Kota Probolinggo masih masuk ‘zona merah’ akibat kisruh massa pada Pilwali 2013 lalu yang ditandai pembakaran mobil polisi di depan Kantor Kelurahan Mayangan, Kapolresta Alfian menepisnya.

“Sudah tidak masuk zona merah, apalagi perhelatan Pilpres dan Pileg 2019 bakal beda suasananya dibandingkan saat Pilwali,” ujar dia.

Kondusifnya Kota Probolinggo, kata Alfian, ditandai dengan aman dan lancarnya Pilwali bebarengan Pilgub Jatim, Juni 2018 lalu. Diharapkan kondisi ini juga terus terjaga saat Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

“Probolinggo yang letaknya di Tapal Kuda, juga sebagai basis santri, kami harus tetap waspada. Jangan sampai ada polarisasi di masyarakat, yang memicu perpecahan,” ujar perwira kelahiran Sumenep, Madura itu.

Terkait simulasi pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, Kapolresta menyebut pihaknya melibatkan 343 pasukan Sabhara Polresta Probolinggo. Jumlah tersebut, tidak termasuk bantuan dari Brimob, TNI, Hansip dan Satpol PP. (*)

Baca Juga  Sadis! Pria di Rembang Cangkul Kepala Adiknya Hingga Tewas

 

Penulis: Ikhsan Mahmudi
Editor: Efendi Muhammad

Baca Juga

Paslon Independen di Kota Probolinggo Wajib Kumpulkan 17.851 Dukungan

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, Sabtu (4/5/24), menggelar Sosialisasi Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan …