Lomba Agustusan, Santriwati Cantik Ini Mahir Baca Kitab Kuning

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Peringatan Hari Kemerdekaan diwarnai beragam lomba dan pertandingan. Salah satunya yang tergolong unik berupa lomba membaca kitab kuning yang diikuti ratusan santri di Kota Probolinggo.

Lomba baca kitab kuning tersebut, dilaksanakan di Ponpes Nurul Islam Jalan Merapi Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kamis (16/8/2018). Sekitar 250 santri mengikuti Musabaqah Qira’tul Kutub.

Salah satu peserta lomba, santriwati cantik menyita perhatian publik. Dia adalah Nanda Aulia Savina (15) siswi kelas 9 di SMP Nurul Islam. Tak hanya paras yang menawan, kemampuan baca kitab kuningnya tak diragukan.

Saat itu, ia membaca kitab Taisirul Kholaq (Cahaya Akhlaq) karya Hafid Hasan Mas’udi. Yakni, kitab yang secara khusus membahas tentang akhlaq. Ia mengaku deg-degan sekaligus senang bisa ikut lomba ini.

Dewan juri melakukan penilaian peserta lomba baca kitab kuning, yang digelar di halaman Ponpes Nurul Islam, Kamis (16/8/2018).

“Senang juga deg- degan ikut lomba ini, soalnya tidak ada persiapan. Agak susah bacanya karena berbeda dengan kitab lain,” kata santriwati yang akrab dipanggil Nanda ini.

Sementara itu, Pembina Yayasan Nurul Islam Ustad Mukhlas mengatakan, lomba baca kitab kuning ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan kemerdekaan ke-73. Selain itu karena budaya pondok pesantren yang keseharian membaca kitab kuning.

“Lomba ini diikuti 250 santri yang sudah ada perwakilan masing-masing. Banyak kitab kuning yang dilombakan untuk dibaca. Tak hanya Agustusan, lomba baca kitab kuning juga dilakukan saat momen-momen besar,” ujar Ustad Mukhlas.

Diketahui, kitab kuning merupakan kitab khas yang biasa dijadikan landasan pondok pesantren di Indonesia.

Peserta lomba dinilai kemampuannya terkait kelancaran membaca teks berbahasa arab, mengartikannya, dan menjawab pertanyaan yang diajukan juri. Penilaian meliputi, tajwid, ilat dan nahwu shorof-nya. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh.
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Hari Jadi Kota Probolinggo, 3 Swalayan Beri Diskon 

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …