Duh, KTP Wartawan Probolinggo Dicatut Penipu

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pengguna media sosial (medsos) atau warga net, kini harus lebih berhati-hati dalam menggunakan Kartu Identitas Penduduk (KTP). Jika lengah dan sembarangan meng-upload KTP di media sosial, bisa jadi akan dimanfaatkan oleh pelaku tindak kenjahatan.

Seperti yang dialami Agus Purwoko, wartawan senior asal Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Wartawan media cetak ini mengaku dirugikan lantaran ada seseorang yang membuat akun ‘facebook’ (FB) bernama Agus Purwo Showroom (Anugerah Motor Mini).

Akun itu menggunakan foto profil wajahnya, dimana dalam akun tertera alamat Jalan Gatot Subroto, Nomor 15 Kota Probolinggo. Akun FB bodong yang mencatut nama dan foto dirinya, diketahui telah melakukan penipuan dengan modus pembelian satu unit mobil ATV.

“Saya telusuri alamat Anugrah Motor, namun tidak ada jenis mobil dengan nama ATV, alamatnya abal-abal sepertinya,” kata Agus kepada PANTURA7.com, Selasa (24/7/2018).

Sementara korban, diketahui bernama Herianto (36), warga Jalan Pariwisata, Otak Kokok- Joben Rt 01 Dusun Kilang Selatan, Kecamatan Motong Gading, Kabupaten Lombok Timur. Korban tertipu pembelian mobil ATV dengan pembayaran uang muka Rp 3 juta.

“Saya juga mencoba menelusuri alamat akun facebook, ternyata tidak ada. Yang ada hanya Anugrah Motor dealer resmi, saya rugi Rp. 3 juta,” ungkap Herianto

Atas kerugian itu, korban akhirnya melaporkan kepada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Probolinggo. Sejauh ini, pihak kepolisian masih mengembangkan kasus penipuan via FB ini. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Kifly

Baca Juga  Ramadan Miras Marak, Satpol PP Jatim Turun ke Probolinggo

Baca Juga

Roy Jordi Sekarat Dianiaya Paman dan Sepupu, Ternyata Dipicu Persoalan ini

Probolinggo,- Kasus penganiayaan yang dilakukan bapak dan anak, Nur Hasan (74) dan Nurul Huda (19) …