Sakit, Nyai. Hj. Endah Nihayati Tetap Layani Foto Santri

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Almarhumah Nyai Hj. Endah Nihayati atau Nyai En meninggalkan sejumlah keistimewaan semasa hidup. Salah satu keistimewaan pengasuh Pondok Putri Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo itu adalah sifat keibuannya yang sangat mengayomi santri.

Kepala Biro Kominfo Pesantren Zainul Hasan Genggong Nun Hassan Ahsan Malik mengatakan, selama ini Nyai En sangat perhatian dan sayang kepada semua santrinya. Bahkan, ketika tiba perpisahan santri di pesantren, Nyai En tak segan untuk memeluk dan berfoto bersama dengan santri putri.

“Lebih dari seribu santri beliau peluk satu persatu untuk berfoto bersama, kalau bukan karena rasa sayang beliau terhadap santrinya, tidak mungkin beliau melakukan itu setiap tahunnya,” kata Nun Hassan Ahsan Malik atau Nun Alex, Senin (23/7/2018).

Pernyataan serupa disampaikan Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong KH. Moh. Hasan Saiful Islam. Menurutnya, Nyai En merupakan sosok mustaqimah. Putri ke-4 dari 6 bersaudara pasangan suami istri Almarhum KH Hasan Saiforridzal – Nyai Hj. Himamy Hafsyawaty itu tidak pernah melupakan sholat tahajjud, dhuha dan wiridan.

Selain itu, sambung Kiai Saiful Islam, Nyai En sangat perhatian dan sayang kepada para santrinya. “Bukan dia ketat, bukan dia gawat, tapi dia sayang kepada santri-santrinya supaya santrinya terhindar dari mara bahaya, maksiat kepada Allah, dan jauh dari neraka jahanam,” jelasnya.

Salah satu bentuk kasih sayang Nyai En kepada santri menurut Kiai Saiful Islam, adalah saat wanita yang wafat dalam usia 52 tahun itu rela berfoto dengan ribuan santri satu per satu. Padahal saat itu Nyai En tengah sakit sementara santri yang antri foto berjumlah ribuan orang.

“Digandeng satu persatu dalam keadaan dia punya penyakit. Dalam keadaan dia punya asam urat, punya penyakit kolestrol, tapi dia masih menyempatkan waktu untuk foto satu persatu dengan ribuan santri, bukan foto bersama, tapi satu persatu, digandeng oleh beliau,” kenanh Kiai Saiful Islam.

Baca Juga  Asyik Indehoy, Sepasang Kekasih Digerebek

Diketahui, Nyai. Hj. Endah Nihayati tutup usia saat menjalani perawatan di RSU dr Moh. Saleh Kota Probolinggo. Beliau wafat dengan meninggalkan dua putra. Jenazahnya dikebumikan dengan diantarkan ribuan jamaah dan santri di pemakaman kelurga di area Pesantren Zainul Hasan Genggong. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …