IRT Dominasi CJH di Kota Probolinggo Disusul ASN

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo, berjumlah 218 orang. Dari angka itu didominasi ibu rumah tangga sebanyak 62 orang, dan disusul Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 59 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah ibu rumah tangga (IRT) yang menunaikan haji tersebar hampir di semua kelurahan di Kota Probolinggo. Dari 218 CJH, sebanyak 98 orang merupakan laki-laki sedangkan CJH perempuan sebanyak 120 orang

Untuk CJH dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yang berdinas di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo berjumlah sebanyak 59 orang. Angka tersebut, urutan kedua dibawah CJH ibu rumah tangga.

Sementara CJH dari pegawai swasta ada 55 orang, pedagang 17 orang, pensiunan 12 orang, petani 5 orang, BUMD 3 orang, Pelajar 3 orang dan TNI/ Polri 2 orang.

Selain warga Kota Probolinggo, ada juga CJH mutasi dari luar kota. Mereka berjumlah 13 orang, dengan rincian dari Kabupaten Gresik 2 orang, Kabupaten Probolinggo 4 orang, Banyuwangi 2 orang, Malang, Bandung 1 orang, Myara Enim 1 orang dan Jayapura 1 orang.

Sedangkan CJH asli Kota Probolinggo, yang mutasi keluar kota berjumlah 5 orang. Mereka mutasi ke Surabaya, Kabupaten Probolinggo, Jombang dan Mojokerto.

Kepala Seksi Kemenag Kota Probolinggo, Muhammad Haris Hikmawan memastikan CJH akan diberangkatkan pada 26 Juli 2018. Dengan dilepas Walikota Probolinggo Rukmini, sekitar pukul 03.00 WIB, mereka menuju asrama haji di Sukolilo Surabaya.

“Harapannya setelah kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur, yakni pribadi yang lebih baik dan lancar dari pemberangkatkan hingga kepulangan,” ucap Haris seusai rakor persiapan keberangkatan CJH di Aula Kemenag Kota Probolinggo, Kamis (18/7/2018).

Haris berpesan kepada CJH ASN agar mempersiapkan diri maksimal dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Selain itu, cjh disarankan perbanyak membaca talbiyah, takbir dan amalan-amalan sunah di tempat-tempat mustajabah, baik di Mekkah maupun Madinah.

Baca Juga  Paspampres Cantik Jokowi di Probolinggo Viral, Ini Identitasnya

Diketahui, sebanyak 218 CJH di Kota Probolinggo yang tergabung dalam kloter 30, akan berangkat menggunakan 5 bus menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Mereka akan diberangkatkan pada 26 Juli 2018. (*)

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Kifly

Baca Juga

Jelang Keberangkatan, CJH Kota Probolinggo Manasik Haji di Miniatur Ka’bah

Probolinggo,- Untuk memantapkan pelaksanaan ibadah haji, Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Probolinggo pada Kamis (2/5/24) …