Baru 4 Parpol Mendaftar di KPU Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Empat partai politik (Parpol) mendaftarkan para bakal calon legislatifnya (Bacaleg) ke KPU Kota Probolinggo, Senin (16/07/2018). Keempat Parpol itu adalah Nasdem, Golkar, PDIP dan Perindo.

Berdasarkan pantauan PANTURA7.com, empat Parpol mulai datang ke KPU sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka datang bergantian membawa semua Bacaleg, termasuk berkas persyaratan .

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri menyampaikan, sejauh ini baru 4 Parpol yang mendaftarkan para bacalegnya. Usai menerima berkas bacaleg, KPU bakal memverifikasi kelengkapan berkas.

“Hari ini empat parpol daftarkan bacalegnya. Saat ini KPU tengah proses ferivikasi berkas Bacaleg yang dibawa para Parpol. Jika ada yang kurang lengkap, Bacaleg masih bisa memperbaikinya,” kata Hudri.

Dalam kontestasi Pileg ini, papar Hudri, keterwakilan Caleg perempuan merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi. Hal itu sesuai Pasal 245 dan Pasal 246, Ayat 2 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Besok merupakan batas akhir alias puncak pendaftaran bacaleg. Diprediksi bakal lebih ramai dibandingkan hari ini,” tandas Hudri.

Empat Parpol yang mendaftar ke KPU masing – masing adalah Partai Nasdem dengan 30 Caleg dimana 10 orang merupakan Caleg perempuan. Lalu Partai Golkar dengan 30 Caleg dimana 10 Caleg berjenis kelamin perempuan.

“Dua parpol lain adalah PDI Perjuangan dengan 30 Caleg keterwakilan perempuannya sebanyak 10 orang, terakhir adalah Partai Perindo dengan 14 Caleg, dimana delegasi perempuan sebanyak 6 orang,” urai Hudri. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifly

Baca Juga  Sensus Penduduk Kini Berbasis Online, BPS Gandeng TNI-Polri

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …