Tol Probowangi Sesi 1 Bakal Gerus 292,58 Hektar Lahan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ratusan hektar lahan di Kabupaten Probolinggo bakal dibebaskan untuk proyek strategis nasional (PSN) tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) sesi 1. Tol Trans Jawa sisi timur ini, rencananya mulai dibangun pada Oktober 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Probowangi sesi 1, Agus Minarno memaparkan bahwa Tol Probowangi sesi 1 membentang sepanjang 30 KM yang melewati 7 kecamatan dan 38 desa/kelurahan. Pembangunannya dimulai dari Desa Suko, Kecamatan Maron hingga Desa Binor, Kecamatan Paiton.

“Seesuai dengan rencana, pembangunan itu dijadwalkan dimulai pada Oktober 2018 hingga April 2019. Sekarang dalam tahap konsultasi publik untuk pengadaan tanah pembangunan tol probowangi,” jelas Agus, Senin (16/7/2018).

Ruas tol sepanjang 30 kilometer, sambung Agus, memerlukan 292,58 hektar. Rinciannya 208,11 hektar atau 71,13 % merupakan lahan sawah dan ladang. Kemudian sekitar 60 hektar atau 20,53% merupakan lahan milik perhutani dan 24.4 hektar atau 8,34 % merupakan lahan pemukiman warga.

“Kami targetkan pada bulan Agustus sudah dilakukan pembayaran ganti untung lahan. Setelahnya dilanjutkan juga dengan pemasangan patok tanah,” urai Agus via sambungan seluler.

Diketahui, Tol Probowangi mempunyai panjang ruas jalan sekitar 172 km. Tol yang dibagi dalam 3 sesi ini, tersambung dengan Tol Paspro dan merupakan bagian dari proyek strategis nasional Tol Trans Jawa. Dari Probolinggo, tol ini juga akan melintasi Kabupaten Situbondo, Bondowoso hingga Banyuwangi. (*)

 

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Terpilih Aklamasi, Sugeng Resmi Pimpin KONI Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …