Genggong Go Green, Kampanye Kelestarian Lingkungan Melalui Onthel

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ribuan onthelis meriahkan Genggong Go Green (G3) yang digelar di Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (15/7/2018) pagi. Selain kampanye hidup sehat, dalam giat ini juga dilakukan aksi peduli lingkungan berupa penanaman pohon.

Peserta sesaki halaman pesantren sejak pukul 5.30 WIB, lalu dilepas 30 menit kemudian. Mereka mengelilingi jalanan beraspal dikawasan pemukiman hingga jalanan setapak pedesaan, lalu kembali menuju garis finish di halaman pesantren.

“Harapannya, dengan ontel goes to pesantren ini, pihak Pesantren dan Perhutani ingin mengingatkan kepada umat manusia untuk selalu pedui lingkungan, terutama kepedulian atas kelestarian hutan,” kata Kadivre Perhutani Jatim, Sangudi Muhamad, seusai mancal.

Aksi tanam pohon dilakukan seusai ngonthel di halaman PZH Genggong, Minggu (15/7/2018)

Usai ngontel bareng, Perhutani bersama Pengasuh Pesantren dan delegasi instansi samping, memelopori penanaman pohon di lingkungan pesantren. “Kami mengajak masyakarat peduli lingkungan yang dimulai dari menanam pohon di lingkungan pesantren,” imbuh Sangudi.

Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, dr Haris Damanhuri Romly mengatakan, terdapat sedikitnya 6.000 peserta terlibat dalam kampanye lingkungan ini. Banyaknya peserta, menurut Kiai yang akrab disapa Gus Haris itu, menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Banyaknya peserta karena masyarakat sudah mulai ‘melek’ manfaat bersepeda, juga manfaat bagaimana kita menjaga lingkungan.  Ini masih awal, Insya Allah kedepan kita akan tingkatkan lagi,” papar Gus Haris.

Untuk kategori gowes, terdapat tiga klasifikasi yang ditempuh peserta dalam Genggong Go Green ini. Katergori pertama adalah Road Bike Trent Mount Bremi dengan rute 30 KM, lalu Funbike trek pendek sejauh 13 KM dan MTB trek panjang rute 19 KM lalu Onthel Goes To Pesantren ke-5. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga  Cuaca Buruk, Nelayan dan Kapal Penyeberangan Diminta Waspada

Baca Juga

Rawat Kelestarian Alam, Pj Bupati Lumajang Kampanyekan Tandur Bareng

Lumajang,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hartutik, bersama Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan tandur …